Upacara Puncak HUT Ke-24 Kabupaten Kutim, Bupati Berpesan Untuk Ikut Serta Melanjutkan Pembangunan

IMG 20231013 WA0012

SANGATTA.Upacara Puncak HUT Ke-24 Kabupaten Kutim, Bupati Berpesan Untuk Ikut Serta Melanjutkan Pembangunan – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ditandai dengan pelaksanaan upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (12/10/2023) pagi. Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman selaku inspektur upacara.

Hadir pada momen spesial tersebut, Wabup Kutim H Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim H Joni, pejabat lingkup Pemkab Kutim, pejabat Pemprov Kaltim, unsur Forkopimda, para legislator, tokoh masyarakat, adat, tokoh wanita dan pemuda, perwakilan organisasi, perusahaan serta undangan yang tampak memenuhi podium kehormatan. Sedari pagi, para pejabat yang hadir kompak mengenakan baju adat Takwau (untuk laki-laki) dan Beskab (untuk perempuan) yang merupakan baju adat Kutai.

Bacaan Lainnya

Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WITA tersebut diawali pembacaan sejarah singkat Kabupaten Kutim oleh Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kabupaten (Pemkesra Seskab) Poniso Suryo Renggono. Bertindak sebagai komandan upacara yakni Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Sekretariat Kabupaten (Prokopim Setkab) Basuki Isnawan dengan peserta upacara dari unsur TNI Polri, unsur Korpri, Dishub, Satpol PP serta perwakilan siswa dari berbagai sekolah yang ada di Sangatta.

Dalam pidatonya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyebutkan bahwa hari Jadi Kabupaten Kutim kali ini mengusung tema “BERSATU UNTUK MAJU, SEJAHTERA UNTUK SEMUA”. Dengan warna logo yang merepresentasikan Kutai Timur, yaitu warna hijau yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran, kuning melambangkan keagungan dan optimisme, serta merah yang melambangkan kekuatan, diharapkan dapat membawa semangat baru untuk meneruskan pembangunan bersama. Karena dengan bersatunya seluruh elemen Masyarakat, diharapkan dapat mewujudkan kemajuan serta kesejahteraan untuk semua.

“Peringatan hari jadi yang ke-24 ini, merupakan momen sangat istimewa bersama seluruh lapisan masyarakat Kutai Timur di tahun ketiga kami, Ardiansyah Sulaiman dan Kasimidi Bulang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur terpilih periode 2021 – 2024. Kesuksesan ini bisa kami raih karena dukungan, perjuangan, dan pengorbanan saudara-saudara yang sangat luar biasa. Pada kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan kepada kami selama ini. Harapan rakyat yang diamanahkan kepada kami berdua, akan kami laksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan konstitusional serta penuh istiqomah dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kutim,” ucap Bupati.

Peringatan HUT ke-24 Kutim pada hakekatnya mengandung makna dan nilai refleksi historikal bagi seluruh warga Kutai Timur dimana pun berada, sebagai bentuk apresiasi terhadap segala pencapaian karsa, karya dan budaya yang merupakan kerja keras para leluhur Tuah Bumi Untung Benua.

“Hari ini juga sebagai momentum bagi kita untuk mengenang lembaran sejarah 24 tahun Kabupaten Kutim, dimana terpampang beragam keberhasilan sekaligus terbentang sejumlah tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen masyarakat di daerah ini,” imbuhnya.

Seiring dengan itu, sebagai bagian dari bangsa yang tetap menghargai dan tidak melupakan sejarah, maka proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah ini, diwarnai dengan tetesan keringat, kerja keras dan perjuangan yang diawali oleh para pejuang pembentukan Kabupaten Kutim, secara silih berganti. Pemimpin-pemimpin yang pernah menahkodai Kabupaten Kutim telah memberikan kontribusi besar bagi peningkatan pembangunan di Kabupaten Kutim.

“Melalui kesempatan ini, saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh tokoh pejuang Kabupaten Kutai Timur dan kepada para pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Kabupaten Kutim,” tuturnya.

Di usianya yang ke-24 tahun Kabupaten Kutim sudah banyak berubah dan semakin maju. Bahkan pembangunan di Kutim akan semakin pesat lagi sebagai dampak positif dari dibangunnya Ibu Kota Negara (IKN) baru Republik Indonesia.

Upacara Puncak HUT Ke-24 Kabupaten Kutim, Bupati Berpesan Untuk Ikut Serta Melanjutkan Pembangunan

Selama kurun waktu 24 tahun perjalanan Kabupaten Kutim, pemerintah telah berupaya sekuat tenaga agar terjadi akselerasi pembangunan di semua sektor. Pembangunan fisik sarana dan prasarana yang merupakan kebutuhan dasar pengembangan perekonomian daerah secara bertahap terus terbangun.

“Pemerintah Kabupaten Kutim kedepan akan terus menggenjot pembangunan hingga ke desa-desa, sehingga cita-cita kita mewujudkan kesejahteraan Kutai Timur untuk semua dapat kita realisasikan. Pertumbuhan investasi di Kabupaten Kutim juga mengalami trend positif, salah satu investasi skala besar adalah beroperasinya pabrik semen terbesar di dunia yaitu PT Kobexindo Cement, dan Alhamdulillah rampung sesuai target yaitu dipenghujung tahun 2023,” ungkap Bupati.

Terakhir Bupati meminta kepada semua stakeholder dan masyarakat Kutim untuk ikut serta melanjutkan pembangunan yang telah dirintis dan diperjuangkan. Sehingga Kutai Timur dapat semakin sejahtera untuk semua. Maka sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada para pendahulu. “Kita harus bertekad untuk tetap bekerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah kita tercinta,” ajaknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *