Wabup Kutim Kasmidi Bulang Menerima Penghargaan Program Desa Wisata

IMG 20230830 WA0006

Jakarta. Wabup Kutim Kasmidi Bulang Menerima Penghargaan Program Desa Wisata – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) raih penghargaan kategori Program Desa Wisata pada ajang Merdeka Awards 2023. Wakil Bupati H Kasmidi Bulang berharap penghargaan yang diberikan dapat terus memotivasi berkolaborasi terus kreatif dalam memajukan destinasi pariwisata di Kabupaten Kutim.

“Atas nama pemerintah, masyarakat dan pelaku pariwisata yang ada di Kutai Timur, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan ini. Semoga kedepannya kami dapat terus semangat untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kutim,” ucap Kasmidi Bulang saat ditemui usai menerima penghargaan.

Bacaan Lainnya

Lanjut Wabup, anugrah ini akan menjadi spirit tersendiri untuk Kutai Timur. Karena menurutnya Kutim memiliki wilayah yang kompleks.

“Kutai Timur memiliki wilayah yang luas dan kompleks. Ada laut, hutan, sungai, gunung, semuanya ada di Kutim, artinya sangat lengkap. Dan ini merupakan motivasi kepada para pelaku-pelaku pariwisata, Pokdarwis dan juga kepada kepala desa untuk terus mendorong pariwisata di Kutai Timur sebagai peningkatan pendapatan asli daerahnya masing-masing,” pungkasnya.

Anugrah Merdeka Awards 2023 yang digelar Merdeka.com berlangsung pada Rabu 30 Agustus 2023 Pukul 14.00-18.00 WIB di Auditorium SCTV Tower Lantai 8 Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat.

Anugrah tersebut diberikan lantaran kesuksesan Pemkab Kutim dalam rembug pariwisata. Rembug Pariwisata adalah kolaborasi beragam lintas sektor dan perangkat desa untuk peningkatan pariwisata.

Untuk diketahui tahun ini, salah satu hasilnya adalah membentuk wadah kepariwisataan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kutim Pengembangan Pariwisata (Petugas Pendamping Pariwisata di Kecamatan). Selain itu, diputuskan adanya surat rekomendasi dari Dinas Pariwisata ke desa dalam Pengalokasian Dana Desa untuk pengembangan wisata di kecamatan (Adanya Dasar Hukum /Perbup).

Selain itu terdapat beberapa inovasi yang mendapatkan perhatian diantaranya adalah Program Inovatif Berbasis Digital (Kutim Merdeka Signal), kepemilikan dan keterlibatan aktif masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), kontribusi ekonomi hingga pelestarian lingkungan, program peningkatan kunjungan wisatawan serta program kreatif pendukung desa wisata.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang Menerima Penghargaan Program Desa Wisata

Program merdeka sinyal merupakan salah satu program prioritas pembangunan di Kutai Timur dilaksanakan melalui program Kutim Merdeka Signal, yang implementasinya dilaksanakan

penyediaan jaringan internet di seluruh desa (139 desa) di wilayah Kutai Timur. Pada desa-desa yang belum terjangkau jaringan FO (fiber optic), jaringan internet disediakan melalui radio dan satellite (v-sat).

Program berbasis digital yang relatif telah lama yang digunakan adalah dengan sms blasting, di mana ketika ada nomor handphone masuk dalam wilayah Kabupaten Kutim langsung menerima notifikasi sms dan informasi tentang Kutai Timur termasuk informasi tentang destinasi wisata Kutai Timur.

Merdeka Awards adalah Inspirasi Indonesia. Sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2023 adalah ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut.

Ada 6 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2023 ini diantaranya program penguatan ekspor daerah, program desa wisata, program reformasi birokrasi, program inovatif pendampingan UMKM, program inovatif untuk negeri dan sosok inspiratif untuk Indonesia.

Pos terkait