Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Sederhana, Adi Swastika : Pancasila Adalah Alat Pemersatu dan Perekat Kebangsaan

IMG 20230601 WA0004

SANGATTA. Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Sederhana, Adi Swastika : Pancasila Adalah Alat Pemersatu dan Perekat Kebangsaan – Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia merayakan peringatan Hari Pancasila atau Hari Lahir Pancasila. Peringatan Hari Pancasila ini mulai dirayakan sejak tahun 2016 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Sejarah singkat lahirnya Pancasila bermula dari peristiwa dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dari sidang BPUPKI tersebut yang kemudian pada 1 Juni 1945 lahirlah Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Sementara itu, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Kutai Timur (Kutim) dilaksanakan di halaman kantor bupati pada Kamis (1/6/2023) dengan Inspektur upacara adalah Letkol Inf Adi Swastika. Jabatan adalah Komandan KODIM 0909/Kutim.

Pancasila telah menjadi landasan dan filosofi hidup dalam berbangsa dan bernegara yang diperkenalkan oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno pada 1 Juni 1945.Peringatan Hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa, harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar dan landasan berperilaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah alat pemersatu dan perekat bangsa yang harus dijaga hingga titik darah penghabisan,” tegas Adi Swastika saat membacakan amanat Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Ditambahkannya, tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini “Gotong -Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global sangat relevan dengan situasi yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Sederhana, Adi Swastika : Pancasila Adalah Alat Pemersatu dan Perekat Kebangsaan

“Sejarah telah mencatat dan membuktikan setiap permasalahan dalam bangsa ini mampu dilewati jika segenap komponen bangsa bersatu padu, bergotong -royong. Fenomena intoleransi dan polarisasi agama di tengah masyarakat terus mengemuka. Ini bisa dihadapi jika setiap anak bangsa mampu memahami dan melestarikan nilai – nilai luhur Pancasila,”jelasnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 turut dihadiri Sekretaris Daerah, Rizali Hadi, Ketua DPRD, Joni dan beberapa pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kutim

Pos terkait