Kasmidi Lantik Perhiptani dan Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangsaka

Kasmidi Lantik Perhiptani dan Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangsaka
Ketua Perhiptani Kab. Kutai Timur Dr. H. Kasmidi Bulang, ST. MM

Sangkulirang. Kasmidi Lantik Perhiptani dan Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangsaka – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang selaku Ketua DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kutim, mengukuhkan DPC Perhiptani Sangsaka, di BPU Kecamatan Sangkulirang pada Kamis (5-1-2023).

Seperti diketahui, wilayah tersebut meliputi Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Karangan, Kaubun dan Kaliorang. Kegiatan ini pun sekaligus menyerahkan laptop dan baju batik untuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan UPT Penyuluh Pertanian Perternakan Perkebunan (PPPP) Se – Kabupaten.

Turut hadir dalam giat pengukuhan ini, anggota DPRD Kutim, M.Ali, Adi Sutianto, Camat Sangkulirang Rahmad, Camat Karangan Madnuh, Camat Kaliorang I Komang, Camat Kubun Saprani, Camat Sandaran Tri Sukadar, serta Kadis Perkebunan Sumarjana, Kabid Penyuluh Nur janah.

Ada pun, jumlah PPL yang dikukuhkan 3 DPC Perhitani meliputi 5 kecamatan Sangsaka Kaukar, berjumlah 54 orang.

Dalam kesempatan itu, Kasmidi (sapaan karibnya), juga berkesempatan menyerahkan hewan ternak berupa itik sebanyak 879 ekor ke Kelompok Tani Nembusan Tani Sejahtera, 829 ekor itik untuk Kelompok Mangkaliat Sejahtera, Ayam Buras sebanyak 1.319 ekor bagi Kelompok Mukti Luhur.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa pupuk NPK bagi Kecamatan Sangkulirang sebanyak 8.200 Kilogram ke Desa Tepian Terap, bantuan untuk Kelompok Cahaya Makmur Desa Benua Baru Ilir Sangkulirang sebanyak 8.200 Kilogram, juga bantuan diserahkan Kelompok Kakao Sejahtera Desa Pengadan Baru Kecamatan Kaubun sebanyak 8.300 Kilogram.

“Alhamdulillah program kita juga mulai start dengan konsolidasi sekaligus halal-bihalal, lalu mengunjungi semua kecamatan untuk menyerap aspirasi, ternyata banyak sekali permasalahan di lapangan. Dengan diamanahkannya saya menjadi ketua, InsyaAllah kita bersama siap untuk membuat Perhiptani di semua kecamatan bisa lebih maju dengan catatan tidak ada lagi PPL yang tidak masuk kantor dan tidak ke lapangan,” ungkap ia.

Penyerahan bendera pataka Perhiptani kepada Ketua DPC Perhiptani Sangsaka oleh Kasmidi Bulang

Dalam kesempatan itu, ia orang nomor dua di Kutim ini pun menyebut pihaknya telah mencoba melakukan sinergitas antara perusahaan perkebunan dan pemerintah untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan hewan ternak.

“Alhamdulillah kita juga sedang melakukan percobaan pilotproject melakukan kolaborasi, dalam bentuk sapi yang digemukkan di lokasi perkebunan, saya minta PPL nya untuk melaporkan terus ke saya, kalau efektif saya akan minta semua perusahaan kebun melakukan itu,” tutur ia.

Tidak hanya itu, sebut ia, pilotproject ini sangat menguntungkan satu-sama lain, dimana pemerintah menyediakan sapi dan perusahaan menyediakan lahan.

“Jadi perusahaan tidak lagi perlu cari pupuk, karena sudah ada pupuk alami, makanannya ada dari pelepah sawit. Juga bisa saling mengamankan, kelompok tani mengamankan sapinya, jadi tidak perlu lagi kita membuat kebun baru, paling hanya dibuatkan pagar, nanti perusahaan yang melihat di mana kawasan yang layak, supaya bisa efesiensi,” tambahnya.

Wabup juga mengapresiasi PPL berprestasi asal Kecamatan Muara Wahau yang telah berkiprah di Skala Nasional.

“Terimakasih kepada PPL Nasional yang menjadi kebanggaan kita, juga terimakasih untuk pelaku ekspor, kalau bisa semua PPL Kecamatan harus punya keunggulan masing-masing, apalagi sekarang sudah ada fasilitasi yang memadai, seperti laptop dan wifi gratis di semua desa,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Camat Sangkulirang Rahmad mengucapkan terimakasih karena telah menunjuk wilayahnya menjadi lokasi pengukuhan PPL Sangsaka. Pihaknya mengaku sangat mendukung terbentuknya Perhiptani di Sangsaka Kaukar.

“Artinya program pemerintah khususnya di Kementerian Pertanian, dapat terlaksana disini dengan baik. Saya berharap teman-teman yang sudah dikukuhkan bisa terus berinovasi dan petani Sangkasa dapat merasakan manfaatnya,” harap Rahmad.

Senada, Kabid Penyuluh Dinas Pertanian Kutim, Nur Jannah mengucapkan selamat atas dilantiknya Perhiptani Sangsaka. Dalam hal ini, dirinya juga membeberkan sejumlah program kerja, seperti menyerahkan bantuan bagi korban banjir Sangatta Selatan dan Sangatta Utara, melaksanakan halal-bihalal PPL di sejumlah kecamatan.

“Seluruh PPL PNS, TK2D dan P3K dikumpulkan dan diberi bingkisan. Selain itu, kami juga mengikuti pemilihan ketua DPW di Samarinda, dilanjutkan dengan melaksanakan rakor PPL PNS se Kutim di Sangatta untuk pertama kalinya,” ujar Nur Jannah.

Kasmidi Lantik Perhiptani dan Bagikan Bantuan di Kecamatan Sangsaka

Dia melanjutkan, dalam satu tahun terbentuknya Perhiptani Kutim yang dinahkodai Kasmidi, pun telah menyelesaikan program lain, seperti menyerahkan baju PDL untuk semua PPL se Kutim. Juga menyerahkan laptop untuk PPL berprestasi dari 18 kecamatan.

“Bahkan kami juga sudah melaksanakan bimtek dan outbound untuk PPL TK2D se-Kutim di Balikpapan,” tambahnya.

Hingga hari, lanjut ia, tepat satu tahun Perhiptani telah menyerahkan laptop untuk PPL PNS dan P3K, bahkan ke depan PPL TK2D akan mendapat hal yang sama.

“Hari ini juga kami bagikan batik dan 36 laptop di Sangsaka,” pungkasnya. (Rb 01, 03 )

Pos terkait