Disdik Kutim Gelar Diklat Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Guru serta Siswa Jenjang Sekolah Dasar

Disdik Kutim Gelar Diklat Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Guru serta Siswa Jenjang Sekolah Dasar
Para guru sekolah dasar yang ikut diklat kemampuan bahasa inggris

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA. Disdik Kutim Gelar Diklat Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Guru serta Siswa Jenjang Sekolah Dasar – Sabtu (24/9/2022), Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Bahasa Inggris Guru Jenjang Sekolah DasarDasar.

Didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Irma Yuwinda, Kabid Dikdas Uud Sudiharjo, Kasi Kurev Dikdas Moh Syaiful Imron, Pengembang Kurikulum Dikdas Slamet Riyanto, Perwakilan dari UPT Pendidikan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan serta Kepala Sekolah Dasar Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, di Lapangan SD Negeri 011 Sangatta Utara.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dalam kesempatan itu mengatakan, Hari ini kita dikumpulkan disini untuk menindaklanjuti program implementasi Kurikulum Merdeka, dimana tuntutan pendampingan dan edukasi Bahasa Inggris terhadap anak sekolah khususnya di Jenjang Sekolah Dasar (SD)

Guna meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik terhadap Bahasa Inggris dengan metode yang mudah dan menyenangkan sebagai bentuk pemenuhan tujuan ke-4 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Pendidikan yang Berkualitas.

“Mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran tetap bagi Jenjang SD untuk Kelas I dan Kelas IV sesuai dengan pertimbangan dan menyesuaikan keadaan dan kepentingannya yang berfokus pada pengembangan esensial materi, pengembangan karakter dan kompetensi yang dimiliki guru dan peserta didik,” pungkasnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutim dikesempatan itu tak lupa Kasmidi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta karena bersedia untuk mengikuti Diklat Penguatan Bahasa Inggris untuk para Guru Kelas I dan IV Jenjang Sekolah Dasar.

” Harapannya kedepan Bapak/Ibu Guru yang terpilih sebagai peserta diklat ini, dapat meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik terhadap Bahasa Inggris dengan metode yang mudah dan menyenangkan sebagai bentuk pemenuhan tujuan ke-4 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Pendidikan yang Berkualitas,” tuturnya.

Sementara Plt. Kadisdik Kutim Irma Yuwinda, mengatakan bahwa Diklat kemampuan Bahasa Inggris bagi Guru Kelas I dan IV serta Siswa Kelas I dan IV merupakan Program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

“Karena Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang dominan digunakan secara global dalam aspek pendidikan, bisnis, perdagangan, ilmu pengetahuan, hukum, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan, dan teknologi,” imbuhnya.

Disdik Kutim Gelar Diklat Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Guru serta Siswa Jenjang Sekolah Dasar

Disebutkannya lagi bahwa pembelajaran bahasa Inggris umum pada jenjang Pendidikan Dasar dalam kurikulum nasional memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk membuka wawasan yang berkaitan dengan diri sendiri, hubungan sosial, budaya, dan kesempatan kerja yang tersedia secara global.

“Pembelajaran bahasa Inggris umum di dalam kurikulum nasional membantu peserta didik untuk mempersiapkan diri menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang memiliki Profil Pelajar Pancasila seperti beriman dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan ber kebhinekaan global,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembelajaran bahasa Inggris memiliki peluang untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila melalui materi teks tertulis, visual, teks lisan, maupun aktivitas-aktivitas yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar. (Disdik/Rb.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *