Gelar Operasi Katarak, PERDAMI, Dinkes dan PT. KPC Bekerjasama Untuk Kesehatan Masyarakat

Gelar Operasi Katarak, PERDAMI, Dinkes dan PT. KPC Bekerjasama Untuk Kesehatan Masyarakat
Audeinsi PERDAMI Kaltim - Kaltara dengan Bupati Kutim di dampingi Kadis Kesehatan dan Manajemen PT. KPC

RUMAHKARYABERSAMA.COM. SANGATTA. Gelar Operasi Katarak, PERDAMI, Dinkes dan PT. KPC Bekerjasama Untuk Kesehatan Masyarakat – Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani dan Sekretaris Dinkes Hariyati. Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) Kaltim-Kaltara melakukan Audiensi dengan Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, turut serta hadir perwakilan Manajemen PT KPC Sugeng Wiyatno dan jajarannya. Jum’at (29/7/2022).

Dikesempatan tersebut, Sekretaris Perdami Kaltim-Kaltara dr Eka Valentina, SPMA, dihadapan Bupati menyampaikan rencana kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak, yang berpusat di Puskesmas Tepian Baru, Kecamatan Bengalon. Sabtu (30/7/2022)

Kegiatan tersebut dr Eka mengungkapkan, merupakan program yang rutin dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur. Untuk kali ini, didukung oleh PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Gelar Operasi Katarak, PERDAMI, Dinkes dan PT. KPC Bekerjasama Untuk Kesehatan Masyarakat

“Kenapa Kutim kami pilih ? Karena Dengan melihat animo masyarakat dan konsen Pemkab Kutim yang melaksanakan kegiatan operasi katarak tersebut, dan kami menawarkan program vision center ” Ujar dr Eka

Dengan vision center yang ditawarkan tersebut, cakupan pelayanan mata akan menjadi lebih luas. Dan bisa masuk ke daerah pedalaman, serta deteksi dini terhadap gangguan pada mata bisa diketahui lebih cepat

Selain itu menurut dr. Eka, selama ini pasien yang datang ke Kota, dengan adanya vision center yang akan dipusatkan pada satu tempat, PERDAMI yang akan ketempat tersebut dalam memberikan pelayanan. Disamping itu juga bisa melatih tim medis yang ada di wilayah tersebut.

“Adapun target Baksos operasi kami, sebanyak 50 – 60 pasien, dan yang sudah discreening 40 orang, saat ini proses screening atau pemeriksaan awal masih berlangsung,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyambut baik rencana Baksos Operasi Katarak Mata tersebut yang digagas PARDEMI. Begitu juga dengan program vision center, Bupati sangat mendukung agar masyarakat bisa melakukan pemeriksaan dini terhadap kesehatan mata.

“Selagi untuk kesehatan masyarakat boleh kita programkan (vision center). Tapi mungkin untuk dalam waktu dekat ini belum,” tutur Ardiansyah.

Adapun zona untuk pelaksanaan operasi katarak di Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon , Teluk Pandan, Wahau dan Telen, yang merupakan ring satu PT KPC. (Adv/diskominfo/Rb.07)

Pos terkait