Ketua DPD Perhiptani Kutim Berdialog Bersama PPL 4 Kecamatan, Untuk Wujudkan Kemajuan Pertanian Di Kutim

IMG 20220605 WA0009

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KALIORANG. Ketua DPD Perhiptani Kutim Berdialog Bersama PPL 4 Kecamatan, Untuk Wujudkan Kemajuan Pertanian Di Kutim – Salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan pertanian adalah terkait dengan sumber daya manusia khususnya petani sebagai pelaku usaha pertanian. Pada daerah-daerah yang maju pertaniannya, umumnya terdapat kelompok- kelompok tani yang memiliki dedikasi, semangat dan kemampuan yang luar biasa dalam memajukan pertanian diwilayahnya.

Namun dibalik keberhasilan kelompok tani tentunya tidak terlepas dari kehadiran dan pendampingan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL), peran tenaga PPL sangat menentukan untuk mendorong kemajuan dan kemandirian kelompok tani.

Untuk itu Ketua DPD PERHIPTANI Kabupaten Kutai Timur Dr. H Kasmidi Bulang, ST. MM., akan berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan PPL di Kutai Timur, salah satunya dialog dan silahturahmi bersama PPL.

Ketua DPD Perhiptani
Para PPL dialog bersama Ketua DPD Perhiptani. Sabtu (4/6/2022)

Ketua DPD Perhiptani Kutim Berdialog Bersama PPL 4 Kecamatan, Untuk Wujudkan Kemajuan Pertanian Di Kutim

Seperti yang dilaksanakan pada Sabtu (04/06/2022) kemarin, H Ksmidi Bulang gelar pertemuan kepada PPL yang ada di wilayah pesisir, yakni PPL Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, dan Kaubun. Kegiatan itu di pusatkan di Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, tepatnya di Pantai Jepu-Jepu

“Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Peran penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini. Penyuluh berperan sebagai perantara dan penghubung informasi untuk petani maupun dari petani,” ucap Kasmidi sapaan akrab Ketua DPD Perhiptani Kutim yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kutim.

Dikatakannya bahwa PPL merupakan orang-orang hebat, sehingga harus di suport, serta komunikasi antara organisasi dengan pemerintah harus terus berjalan dengan baik.

Ketua DPD Perhiptani
Foto bersama para PPL dan Ketua DPD Perhiptani. Sabtu (4/6/2022)

“Mari kita bekerja secara maksimal, yang pertama kita akan memberikan reward untuk PPL yang berprestasi dan juga akan membuat seragam yang moderen untuk semua PPL di Kutim. Selain itu dalam waktu dekat kita juga akan mengelar musyawarah kerja yang dirangkai dengan pelatihan-pelatihan, saya berharap semua PPL bisa hadir,” harapnya.

Dikesempatan itu juga Kasmidi meminta kepada PPL untuk terus bekerja dan suport pemerintah untuk kemajuan Kabupaten Kutim. “Penyuluh harus lebih aktif dan rajin lagi sesuai dengan penugasannya, melaporkan kemajuan-kemajuan teknologi pangan atau kesedian pangan kita dan kesedian lahan yang bisa kita suport untuk membangun kekuatan pangan di Kutai Timur. Bantu petani dan masyarakat yang berkecimpung khusus di dunia pertanian,” pintanya.

PPL merupakan petugas dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan kabupaten/kota yang diperbantukan untuk memberikan pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan di bidang pertanian dengan basis administrasi kecamatan. (Rb.03,05A,05R).

Ketua DPD Perhiptani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *