BeritaBerita PilihanKalimantan TimurKutai TimurPendidikan

Upacara Peringatan HARDIKNAS 2022 di Kutim Digelar Sederhana

Upacara Peringatan Hardikanas 2022 di Kutim Digelar Sederhana

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam memperingati Hardiknas adalah dengan melaksanakan upacara bendera.

Tujuannya agar semua insan pendidikan bisa mengingat kembali filosofi dan nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Indonesia.

Upacara Peringatan Hardikanas 2022 di Kutim Digelar Sederhana

Untuk memperingati Hardiknas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) melalui Disdik Kutim gelar upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Di Halaman Kantor Bupati Kutim, Jumat (13/5/2022).

Turut hadir dalam Upacara Hut Disdik tahun 2022, Ketua DPRD Kutim Joni, Kodim 0909 Sangatta Letkol Heru Aprianto, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko, Kepala Kejari Kutim Henriyadi W Putro, Plt Disdik Kutim Irma Yuwinda, Kepala Sekolah serta para guru se Kutim.

Upacara Peringatan Hardikanas 2022 di Kutim Digelar Sederhana

Wakil Bupati Kutim Dr.H. Kasmidi Bulang S.T., M.M., selaku inspektur upacara mengatakan selama dua tahun terakhir, banyak tantangan yang dihadapi dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan tidak pernah terbayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya.

“Hari ini, adalah bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” tegasnya.

Upacara Peringatan Hardikanas 2022 di Kutim Digelar Sederhana

Menyampaikan sambutan Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi., Nadiem Anwar Makarim, orang nomor dua di Pemkab Kutim itu mengatakan Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membentau para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh menyenangkan dan memerdekaakn,” imbuhnya.

Upacara Peringatan Hardikanas 2022 di Kutim Digelar Sederhana

Semangat yang sama juga sudah terdengar dari para seniman dan pelaku budaya, yang sekarang mulai bangkit, berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia.

“Semangat perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presiden Indonesia di Konfrensi tingkat tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak hanya menjadi pengikiut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” kata Mentri Depdikbud yang disampaikan Kasmidi Bulang.

Upacara Peringatan Hardikanas 2022 di Kutim Digelar Sederhana

Langkah hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai digaris akhir. “maka, tidak ada alasan untuk berhenti meski sejenak. Kedepan, masih ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” pungkasnya.

Menurut Surat Pedoman Peringatan Hardiknas 2022 Nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022, penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 diadakan pada 13 Mei 2022 dari pukul 08.00 WIB. Hal itu dikarenakan tanggal 2 Mei yang menjadi Hari Pendidikan Nasional bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama 2022. (Rb.01,03,05R).

Comment here