Tujuh Desa di Bengalon Terendam Air, Bupati dan Wabup Meninjau Warga Terdampak Banjir dan Serahkan Bantuan Sembako

IMG 20211204 WA0010
Bupati Ardiansyah didampingi Wabup Kasmidi dan Dandim 0909 Heru Aprianto menyerahkan  bantuan sembako kepada salah seorang warga yang terdampak banjir di Kec. Bengalon

 

Bacaan Lainnya

RUMAHKARYANERSAMA. COM, BENGALON – Setelah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Ikhsan, Gang Karya, Jalan Dayung Sangatta, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman melakukan peninjauan banjir di Desa Sepaso Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Sabtu (4/12/2021).

Bupati didampingi, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, memberikan semangat kepada korban banjir serta menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak dengan menggunakan perahu (sampan), di Desa Sepaso.

Turut hadir dalam peninjauan banjir itu, Wakil Ketua II DPRD Kutim Arpan, Dandim 0909/Kutim Letkol Czi Heru Aprianto, Kepala Dinas Sosial Jamiatul Khair Daik dan Kades Desa Sepaso, Sepaso Barat, Sepaso Timur dan lainnya.

Camat Bengalon Suharman, selama dua minggu ini wilayah Bengalon telah dilanda banjir. Hampir semua penduduk terdampak banjir, yang merupakan luapan sungai Tepian Langsat.

Wabup Kasmidi saat meninjau warga korban banjir di Bengalon

“Saya bersama tim lainnya terus meninjau di lapangan untuk melakukan antisipasi. Ada beberapa titik yang lumpuh dan warga tidak bisa melakukan kegiatan dirumah maupun diluar,” ungkap Suharman.

Lebih lanjut Suharman menambahkan, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah pada malam hari. Sebab, diketahui daerah Bengalon terkenal banyak predator (buaya).

Bupati Ardiansyah Sulaiman dalam kesempatan itu meminta Camat beserta jajarannya untuk terus memantau kondisi warga serta melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim. Kemudian, menyediakan tempat evakuasi bagi warga yang tidak bisa melakukan aktivitas lagi dirumahnya.

“Mudah-mudahan melalui bantuan (sembako) yang diberikan ini bisa membantu ringankan beban warga yang terdampak banjir ini. Serta harus selalu hati-hati karena banyak buaya,” ucapnya.

Foto ; ist nampak dari atas banjir yang melanda pemukiman di Kec. Bengalon

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Jamiatul Khair Daik mengatakan bantuan disiapkan untuk 2.000 Kepala Keluarga (KK) korban banjir Bengalon terdiri dari, beras 20 ton, mie instan 2.000 dos, sarden 16.000 kaleng, gula 4.000 kg, minyak Goreng 4.000 liter, kecap manis 4.000 botol, saos Sambal 4.000 botol, teh celup 4.000 kotak dan Kopi 2.000 bungkus.

“Dalam satu paket berisi, masing- masing beras 10 kg, mie instan 1 dos, sarden 8 kaleng, gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, kecap manis 2 botol, saos Sambal 2 botol, teh celup 2 kotak dan kopi 1 bungkus. Total harga per paket Rp 460.000,” ungkap Jamiatul.

Berdasarkan data ya g dihimpun dari Camat Bengalon, ada 7 desa yang terdampak. Sepaso Selatan 300 KK, Sepaso Timur 300 KK, Tepian Langsat 250 KK, Sepaso Induk 800 KK, Sepaso Barat 155 KK, Tepian Indah/Tepian Raya 121 KK dan Tepian Baru 74 KK. ( Adv/Diskominfo /Rb.01.RB 03)

Pos terkait