Pemkab Usulkan Terminal Di Kutim Naik Status Tipe A

IMG 20211125 WA0031

355x71a 2RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Lantaran arus transportasi semakin padat, Terminal Sangatta hendak diusulkan naik status. Saat ini wadah perhentian moda angkutan umum tersebut masih tipe C dan hendak diubah menjadi tipe A.

Sebagai informasi dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 132/2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal, disebutkan secara detail pelayanan yang diberikan oleh terminal bus sesuai tipenya.

Terminal tipe A punya wewenang melayani lebih luas. Karena mencakup Angkutan lintas batas antar Kota hingga Provinsi, dipadukan dengan pelayanan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi dan Pedesaan. Sementara tipe B dan C punya kapasitas lebih kecil dari segi wewenang dan pelayanan.

Terkait hal itu, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengatakan, koordinasi terkait rencana alih status tersebut sudah berjalan. Baik di Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim maupun ke Kementerian Perhubungan. Urusan pusat yang membuka komunikasi
dibantu oleh anggota DPR RI Irwan. “Untuk mendorong perubahan kelas terminal menjadi tipe A. Karena memang harus melibatkan banyak pihak,” Ucapnya

IMG 20211124 WA0012
Wabup Kasmidi Bulang

Kehadiran terminal tipe A dinilai cocok ada di Kutim. Selain menjadi jalur transportasi antar daerah, juga jadi perlintasan antar Provinsi, ditambah lokasi terminal saat ini masih bisa dikembangkan lebih besar lagi.
“Lahan yang ada masih bisa dikembangkan. bisa saja dipakai untuk pengembangan UMKM misalnya,” Imbuh Kasmidi

Terminal tipe A tidak hanya dipakai urusan transportasi saja. Usaha selain transportasi juga dapat dikembangkan dalam kawasan terminal. Hanya saja kata dia, jatah yang diberikan tidak lebih dari 30 persen dari luas terminal. Tapi untuk pengelolaan akan diambil oleh pemerintah pusat. Jalur yang tersedia pun akan lebih lengkap nantinya.

“Kami ingin ada pengembangan wilayah ke Sangatta Selatan, dan terminal itu ada di Sangatta Selatan, semoga saja dapat dikabulkan usulan ini,” pungkasnya. (Advetorial/Diskominfoperstik/Rb.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *