BeritaBerita PilihanKesehatanKutai TimurLingkunganNasionalSosial

Enam Tahun Terakhir, Ada 563 ODHA di Kutim, Wabup Kasmidi Minta Masyarakat Waspada

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Rabu (17/11/2021) Wakil Bupati Kutim Dr. H. Kasmidi Bulang, ST. MM yang juga selaku Ketua Harian KPAD Kab.Kutai Timur, mengahadiri silaturahmi pengurus dan kelompok kerja (Pokja) Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten, bertempat di salah satu warung makan di Sangatta.

Wabup Kutim Dr. H. Kasmidi Bilang, ST. MM didampingi Sekretaris Harmaji Partodarsono, kepada awak media mengatakan, Terkait Data Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), bahwa berdasarkan data yang dihimpun melalui AIDS Digital, jumlah ODHA di Kutim sejak 2015 hingga 2021 sebanyak 563 orang.

“Ini harus menjadi kewaspadaan bagi kita semua. Pemerintah telah berupaya melakukan langkah – langkah penanganannya termasuk penutupan lokalisasi, tapi itu kembali kepada kesadaran kita masing-masing lagi,” ucap Kasmidi.

Wabup Kasmidi (berdiri) memberikan sambutan dihadapan pengurus KPAD Kabupaten

Selain silaturahmi pertemuan tersebut juga untuk memperkenalkan kepengurusan yang baru, terdiri dari Pemerintah Kabupaten, perusahaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dan dilanjutkan dengan rapat koordiansi (Rakor) rencana peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember 2021 mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Harmaji Partodarsono menambahkan, beberapa langkah yang telah ditempu diantaranya, melakukan jemput untuk melaksanakan mobile VCT.

“Dengan cara mendatangi mereka yang mau diperiksa. Kita juga rutin melakukan pemeriksaan ke perusahaan – perusahaan dan spot – spot lainnya. Langkah lainnya adalah memberikan edukasi dan sosialisasi, penyakit masyarakat,” jelasnya. (Advetorial / Diskominfoperstik / Rb.01.03.05R)

Comment here