Berita PilihanKutai Timur

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93, Digelar Secara Virtual di Kabupaten Kutim

RUMAHKARYABERSAMA.COM SANGATTA – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan hari yang penting bagi bangsa Indonesia. Karena di hari itulah ikrar pemersatu bangsa, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda tercetus. Pemuda menjadi salah satu tonggak utama sebagai pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Dalam rangka 93 tahun peringatan Hari Sumpah Pemuda, sejumlah perwakilan ASN, TNI, Polri dan organisasi masyarakat di Kutai Timur mengikuti upacara bendera secara virtual bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dari ruang Meranti, Kantor Bupati, Bukit Pelangi, Kamis (28/10/2021).

“Dengan adanya Sumpah Pemuda 93 tahun yang lalu, itu bisa mempersatukan seluruh elemen anak bangsa yang bergerak bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Indonesia,” kata Wakil Bupati Kutim, Dr. H Kasmidi Bulang, ST. MM usai mengikuti upacara.

Dikatakannya lagi bahwa sebagai anak muda, harus bisa memaknai peringatan sumpah pemuda ini sebagai momentum untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pemkab Kutim tentunya juga akan terus memberikan kesempatan  kepada para pemuda untuk berkreasi dan menggali semua potensi yang dimiliki. Sehingga bisa memberikan kontribusi pembangunan di Kutim.

“Atas nama pemerintah, saya juga mengapresiasi kepada para pemuda kita yang sudah berjuang dan mampu mengharumkan nama Kutim di kancah Nasional, pada ajang PON XX di Papua kemarin,” ucap Kasmidi.

Sekadar informasi, Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan negara asing. Sejarah tersebut yang membuat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. (Rb.05R)

Comment here