Berita PilihanKutai TimurLingkungan

Mengenal 3R dan Manfaatnya Untuk Lingkungan Dalam Pengelolaan Sampah Kutai Timur

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Tim pembina bank sampah Kab. Kutai Timur melakukan aktivitas gerakan peduli lingkungan dan penanganan sampah dengan Sistem 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (mendaur ulang) sampah mulai dari sumbernya.

Di awali dengan gerakan di RT 23 Gang Baru Kelurahan Teluk lingga, tim pembina bank sampah Kutai Timur menerapkan 3R dan nantinya akan berkelanjutan di tempat yang lainnya di Kabupaten Kutai Timur.

Pengelolaan sampah dengan menggunakan teknik 3R merupakan sebuah paradigma baru dalam pengelolaan sampah, baik berupa sampah industri maupun sampah rumah tangga, yang lebih menekankan kepada metode pengurangan sampah yang lebih ramah lingkungan.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, maka akan berdampak baik untuk lingkungan, dan tentunya dapat menekan volume sampah di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir), dengan memantau atau memonitoring nasabah melalui sistem aplikasi”. Kata Anas, Ketua Tim Pembina bank Sampah Kutim.

Dalam pemantauan dengan sistem aplikasi tersebut, maka hubungan bank sampah unit dengan nasabah dan Tim Pembina akan termonitoring dengan baik.

Pentinganya kesadaran masyarakat juga sangat di butuhkan dalam penerapan 3R ini, untuk mewujudkan Kabupaten Kutai Timur yang bersih dan sehat. (Rb 02)

Comment here