BeritaKesehatanKutai TimurNasional

AJKT Peringati Hari Pers Nasional Gelar Webinar Untuk Semua Kalangan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Mengangkat tema Bangkit Dari Pandemi Peran Jurnalis Pulihkan Ekonomi Kutai Timur, Aliansi Jurnalistik Kutai Timur (AJKT) menggelar webinar zoom bagi masyarakat umum, dalam rangaka peringati Hari Pers Nasional Dengan menegaskan peran pers sebagai jembatan informasi antara masyarakat dengan Pemerintah. Selasa (9/2/21)

Menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Suprihanto, CES. Jurnalis TVRI dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Gunawan, Pakar Jurnalistik AJKT Qadlie Fachruddin.

Sebanyak 90 peserta dari berbagai macam profesi seperti mahasiswa, Kepolisian Resort Kutim, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, hingga Dewan Pers, ikut serta dalam webinar tersebut, dimana sebelumnya AJKT hanya menargetkan 30 peserta, namun tingginya animo masyarakat yang ingin berpartisifasi dalam webinar yang digelar di Dinas Kominfo Perstik.

Gunawan mengatakan “Media harus menjadi jembatan bagi masyarakat dengan pemerintah terkait informasi informasi khususnya di masa pandemi Covid-19 untuk menghindari hoax.” Katanya. Lebih lanjut Bang Gun sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa media juga turut membantu memantau protokol kesehatan di masyarakat.

Pers maupun media di Kutai Timur bekerjasama dengan satuan gugus tugas covid-19 di Kutim terkait tindakan yang perlu dilakukan pada masa pandemi yang sedang terjadi dan menyampaikan segala informasi pada masyarakat maupun pemerintah.

Kepala Dinas Kominfo Perstik Suprihanto secara singkat mengungkapkan “Peran jurnalis maupun pers ketika menghadirkan berita terkait pihak yang terkomfirmasi positif, yang sedang menceritakan semangatnya untuk sembuh dari covid kepada masyarakat adalah merupakan informasi yang positif bagi siapapun,
Dan kita harus bahu membahu dan gotong royong dalam mengurangi penyebaran Covid-19,” Ungkap Suprihanto.

Di kesempatan yang sama dan ruang yang berbeda Pakar Jurnalistik AJKT Qadlie Fachruddin menuturkan pers memberikan  dukungan atas kebijakan Pemerintah salah satunya pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid 19

“Pers berperan memberi dukungan kebijakan terhadap pemerintah dalam pemulihan ekonomi, penyebaran vaksinasi, dan membantu menegakkan tindakan 5M mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, selain itu mengurangi disinformasi ditengah – tengah masyarakat tentang vaksinasi yang lagi digalakkan oleh Pemerintah” tuturnya

“Kita juga tidak melupakan independensi jurnalis, agar harapannya bisa terus konsisten menjadi konten yang diperlukan pengambil kebijakan,” urai lelaki yang juga pemimpin redaksi Paradase.id itu.

Ketua AJKT Sukriadi yang sedang berada di Sulawesi tetap hadir menyaksikan kegiatan secara daring dari ponsel pintarnya. Dirinya terus memompa semangat anggota AJKT di masa pandemi agar bisa terus berkarya.

“Saya bangga dengan teman-teman AJKT bisa bekerja dengan solid dalam memperingati hari pers nasional. Tentu kami AJKT sebagai kalangan pegiat pers tidak akan ketinggalan mengambil peran dalam perkembangan jurnalistik di Kutai Timur yang kami cintai ini,” ucap Sukriadi.

“Semoga pandemi ini tidak menjadi hambatan bagi kawan-kawan jurnalis di Kutim dalam menciptakan karya berita yang membangun,” tambahnya.

Dari lokasi acara, jajaran pengurus AJKT bekerja dengan solid, mengenakan seragam kebesaran AJKT. Hingga seusai webinar, tim melakukan seremonial potong tumpeng sebagai peringatan hari pers. Bahwa AJKT sebagai organisasi lokal akan terus bergandengan bersama masyarakat dan stakeholder beserta pengambil kebijakan untuk membangun Kutim yang lebih baik.

“Kegiatan peringatan hari pers nasional akan kita lakukan dengan sejumlah kegiatan lainnya di hari selanjutnya. Kami berharap webinar ini bisa menebar manfaat bagi perkembangan pers di Kutim, dan memberi masukan bagi pelaku ekonomi dari segi jurnalistik,” ungkap Sekretaris AJKT Raymond Chouda ditemani Bendahara Ardhan Ahmad, dan Penanggungjawab Webinar Lela Ratu Simi, beserta anggota AJKT.

Para peserta yang bergabung berasal dari berbagai kalangan mencapai 80 persen kehadiran dari target 100 peserta. Antara lain mahasiswa STAIS dan STIENUS, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kutim, Polres Kutim, Kodim 0909 Sangatta, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kutim, Kesbangpol, KNPI Kutim, serta anggota DPRD Kutim Agusriansyah Ridwan. Ada pula peserta dari jurnalis dakwah LDII LINES Kutim, Pemuda GP Anshor, Muhammadiyah Kutim, serta perwakilan jurnalis Samarinda Oktavianus dan Yudha Almerio.

Turut mengundang para Pembina AJKT antara lain Ketua BPD HIPMI Kaltim Bakri Hadi, Plt Bupati Kutim yang diwakili Kadiskominfo Perstik, Anggota DPRD Kaltim Nasiruddin yang diwakili Staf Ahli Andi Marta, Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Mazar dan Wakil Ketua I DPRD Arfan yang diwakili Bidang Halmas DPRD Alfrida Buranna. (Rb.03. Rb.07  Rb. 09)

Comment here