BeritaInfrastrukturKutai Timur

Pemkab Kutim dan PT. KPC Berkolaborasi Dalam Membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu 

RUMAHKARYABERSAMA.COM. SANGATTA – Indikator sebuah kota dalam sebuah kemajuan bisa dilihat dari pengelolaan sampahnya, Hal tersebut yang mendasari PT.Kaltim Prima Coal dan Pemerintah Daerah Kutai Timur melakukan sebuah terobosan membangun (TPST) Tempat Pengolahan Sampah Terpadu yang berlokasi di kawasan Pasar Induk Sangatta, dan dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunannya pada Kamis 21/01/21

Pemerintah Daerah Kabupaten berupaya untuk mengurangi penggunaan (TPA) tempat penampungan akhir, yang menggunakan sistem digali lalu ditimbun yang membutuhkan lahan yang tidak sedikit. Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Dr.H.Kasmidi Bulang, ST. MM saat melakukan peletakan batu pertama.

Dalam keteranganya dihadapan media Kasmidi mengungkapkan “ini merupakan sebuah terobosan baru bagi kita semua, karena mulai dari sampah kering maupun basah akan diolah. Dan hasilnya nanti akan bermanfaat salah satunya batako, memang sebelumnya sudah ada mesin pengolah sampah, namun kapasitasnya sangat kecil dan tidak bisa menyelesaikan masalah sampah yang ada” Terangnya

Jumlah produksi sampah rumah tangga di Sangatta juga menjadi sebuah persoalan serius Pemerintah Daerah Kutai Timur. Adapun adapun jumlah sampah yang akan dikelola nantinya bisa mencapai 50 ton setiap harinya.

Kasmidi melanjutkan “dengan adanya mesin ini nanti bisa mengatasi masalah sampah yang ada di Kecamatan Sangatta Utara, kita juga berharap dengan adanya mesin pengolahan sampah ini bisa menjadi pilot project, khususnya untuk menangani sampah secara umum di Kabupaten Kutai Timur, dan yang pasti kami sangat mensupport kegiatan ini dan ini juga kolaborasi program CSR PT. KPC dan Program Pemerintah Daerah” Ungkapnya (Rb 01 Rb 07)

Comment here