BeritaKutai TimurPolitik

Bila Dipercaya Kembali, ASKB Buat Perda untuk Lindungi Hak Pekerja

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Hubungan erat antara H Kasmidi Bulang ST MM yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Kutai Timur dengan para buruh maupun pekerja di Kabupaten Kutai Timur, tak perlu dipertanyakan lagi.

Beberapa kali, Kasmidi Bulang hadir di tengah aksi para buruh, terutama yang meminta keadilan atas perlakuan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mem-PHK sepihak, para buruh kelapa sawit. Waktu itu, terjadi pemecatan pada sekitar 400 buruh perkebunan kelapa sawit.

Ia langsung mengambil jalan tengah, dengan menelpon pimpinan perusahaan di Jakarta, dan meminta agar pekerja yang dirumahkan dan akan dipulangkan ke kampung mereka masing-masing, dipekerjakan kembali. Negoisasi demi negoisasi pun dilakukan. Hingga akhirnya, perusahaan setuju kembali mempekerjakan para buruh tersebut, meski hanya separuh saja.

Tak hanya itu, menghadapi Omnibus Law, Kasmidi pun sempat hadir menemui para pengunjuk rasa dan ikut menandatangi surat penolakan bersama-sama Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan SE M Si. Ia pun kerap menjadi tempat para pekerja perkebunan kelapa sawit dan pekerja tambang untuk bertukar pikiran.

Ke depan, bila mendapat amanah memimpin Kabupaten Kutai Timur, Kasmidi mengaku bersama calon Bupati Kutai Timur, Drs H Ardiansyah Sulaiman M Si, mereka sudah punya solusi untuk undang undang cipta lapangan kerja tersebut.

“Nanti insya Allah bila diamanahkan, kita akan buat Perda tenaga kerja. Melibatkan organisasi-organisasi pekerja. Perda itulah yang akan mengikat dan melindungi para buruh dengan kebijakan-kebijakan daerah. Tetapi, tentunya tidak melampaui kebijakan yang lebih tinggi,” ungkap Kasmidi Bulang.

Dengan perda itu nanti, tenaga kerja di Kabupaten Kutai Timur akan terayomi dan punya hak-hak yang jelas dari tempatnya bekerja. “Perda yang kami susun nanti, akan membuat hak-hak buruh dan pekerja di Kutim terlindungi. Muatan-muatan lokal akan kita sampaikan di depan,” ujarnya.(rb04)

Comment here