Berita PilihanKutai Timur

Pulang Kampung, Irwan Tinjau Sejumlah Program Bantuan Pemerintah Pusat di Kutim

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Reses masa sidang IV tahun ini, anggota DPR RI asal Kabupaten Kutai Timur, Dr H Irwan SIP MP kembali ke kampung halaman. Ia meninjau sejumlah pembangunan yang berasal dari bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Program yang ditinjau, adalah pembangunan irigasi di Desa Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan. “Di Kutim, ada 32 titik yang menjadi lokasi usulan pembangunan irigasi melalui program P3TGAI, untuk tahun ini. Satu di antaranya di Desa Teluk Singkama dan Desa Sangkima,” ungkap Irwan.
.
Selain itu, ia juga menyerahkan langsung bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) secara simbolis pada lima keluarga di Kecamatan Sangatta Utara. Bantuan tersebut diberikan pada 450 keluarga di Kecamatan Sangatta Utara dan Kaubun. Terdiri dari, 300 keluarga di Sangatta Utara dan 150 keluarga di Kecamatan Kaubun.

“Alhamdulillah, ratusan rumah layak huni sudah selesai. Tahun depan insya Allah akan ditambah lagi jumlahnya. Karena berdasarkan data di Dinas Perkim, ada 8.500 rumah tidak layak huni di Kutim. Semoga dalam lima tahun nanti, semua bisa masuk dalam program BSPS melalui Kementerian PUPR RI,” ujarnya.

Di Sangatta Selatan, bantuan dari Kementerian PUPR RI yang berasal dari usulan Irwan, adalah Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Yaitu, satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

“Yang tadinya kota kumuh tidak layak huni, menjadi perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. Termasuk MCK nya, zeptic tank nya dan sanitasinya juga harus bagus. Dan ini sistemnya berkelanjutan. Termasuk pengelolaan lingkungan, sampah dan lain-lain,” kata Irwan.(rb04)

Comment here