BeritaBerita PilihanKalimantan TimurKesehatanKutai TimurNasionalPolitik

Bersama Golkar Kutai Timur, Hetifah Bantu APD Bagi Tim Medis RS Kudungga

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA –
Hampir semua Kabupaten/Kota di Kaltim sudah terpapar Covid-19. Hanya Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang masih bersih dari kasus positif covid-19. Balikpapan tercatat sebagai daerah yang memiliki angka positif tertinggi, dengan 132 orang postif. Disusul Kutai Kartanegara dengan 66 orang positif, dan Samarinda dengan 65 positif.

Sementara untuk angka kematian, terdata 3 orang di Balikpapan, 1 orang di Samarinda, dan 1 orang di Kutai Timur.

Hetifah Sjaifudian, Legislator Golkar yang juga menjabat Wakil ketua komisi X DPR RI ini menyampaikan duka mendalam atas peningkatan ini dan bertambahnya pasien yang meninggal. Pandemi ini menuntut kesadaran semua pihak untuk saling melindungi satu sama lain. Memutus rantai penyebaran dan yang tak kalah penting menjaga garda terdepan penanganan pasien yaitu para tenaga medis.

“Dokter dan perawat menjadi aktor penting dalam penanganan pasien covid-19. Dari banyaknya kasus covid-19 yang meningkat di Kaltim, kita patut bersyukur terdapat 322 pasien yang sembuh, dan saya mengucapkan bela sungkawa untuk keluarga pasien covid-19 yang meninggal,” terangnya.

Selain itu, sebagai tindakan konkret. Hetifah memberikan bantuan ribuan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, baju hazmat, kacamata medis, dan sepatu boots bagi tenaga medis di sejumlah Rumah Sakit (RS) Rujukan di Kaltim.

“Alhamdulillah sudah didistribusikan 3.000 APD di 10 RS rujukan di Kaltim, salah satunya di RS Kudungga. semoga hal ini dapat membantu para tenaga medis dalam merawat pasien covid-10,” tambah anggota DPR RI Dapil Kaltim ini.

Sementara itu, dr. Hj. Anik Istiyandari, MPH selaku Direktur RS Kudungga Kutai Timur menjelaskan bahwa bantuan ini sangat dibutuhkan sekali, apalagi kasus di Kutai Timur terus meningkat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari Ibu Hetifah selaku Wakil Ketua Komisi X atas bantuan APD ini,” tambahnya.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan dari Beni Sunanto, selaku koordinator Hetifah Peduli di Balikpapan, menambahkan, selain bantuan ini, sebelumnya juga sudah memberikan 10.000 masker dan 5.560 Alat Pelindung Diri (APD) untuk Fakultas Kedoteran Universitas Mulawarman (FK UNMUL) ; dan beberapa Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Puskemas, dan Puskesmas Pembantu daerah terpencil di Paser.

“Ada juga kami distribusikan alat bantu kesehatan berupa masker kain, hand sanitizer, multivitamin, sabun cuci tangan untuk anak-anak, manula, dan masyarakat dikawasan padat penduduk. Serta membagi ribuan paket Sembako untuk membantu warga yang membutuhkan dalam menghadapi pandemi ini.” tutupnya.(*)

Comment here