BeritaBerita PilihanKesehatanKutai Timur

Lawan Covid-19, David Rante Ingin Masyarakat Kompak Ikuti Anjuran Pemerintah

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Wabah virus corona baru atau Covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi semua elemen masyarakat. Tidak terkecuali bagi masyarakat Kutai Timur (Kutim).

Anggota DPRD Kutim, David Rante mengatakan, tugas melawan Covid-19 tidak boleh hanya menjadi tugas parsial atau kelompok tertentu, misalnya hanya jadi tanggung jawab pemerintah atau tugas medis, melainkan semua lapisan masyarakat.

Apalagi musuh yang dilawan tidak tampak, alias tidak berbentuk. Untuk melawan penyebaran Covid-19, hanya dengan kerja sama dari semua pihak. Di antaranya dengan mengikuti berbagai anjuran pencegahan wabah yang telah dikeluarkan pemerintah.

“Dalam masalah ini, kita tidak perlu bicara penanganan wabah ini menjadi tanggung jawab siapa, tetapi bagaimana kita semua sama-sama terlibat dalam melawan penyebarannya,” katanya saat dihubungi, Senin (11/5/2020).

Anjuran pemerintah yang dimaksud David, yakni dengan melakukan pembatasan sosial, mulai dari physical distancing, tetap di rumah, tidak melakukan perjalanan ke luar daerah jika itu memang tidak penting, dan senantiasa memakai masker jika terpaksa harus keluar rumah.

Selain itu, senantiasa memakai masker bila berkomunikasi dengan orang lain, memakai hand sanitizer jika habis bertemu dan memegang sesuatu, termasuk rutin-rutin mencuci tangan, dan terakhir senantiasa menjaga pola hidup sehat dan bersih.

“Apa yang menjadi anjuran pemerintah, harus diikuti. Karena itu untuk kebaikkan kita semua. Dalam masa pandemi ini, kesabaran kita memang sedang diuji. Tetapi yakin kalau kita bisa melewati itu,” ujarnya.

Baik sebagai pribadi maupun wakil rakyat, David berharap, badai pandemi Covid-19 dapat segera berlalu sehingga masyarakat dapat segera kembali beraktivitas seperti biasanya. Berbagai kegiatan ekonomi masyarakat juga dapat kembali berjalan.

“Tentu, kita semua berdoa dan berharap wabah ini akan cepat berlalu. Sekarang tugas kita semua untuk sama-sama melawan agar wabah ini cepat berlalu. Misalnya dengan sama-sama mengikuti setiap anjuran yang diberikan pemerintah,” ungkapnya.(advertorial/*4)

Comment here