BeritaKutai Timur

Mengenal Lebih Dekat Sosok H Kasmidi Bulang ST MM (1)

 

* Putra Dusun Masabang yang Jadi Wakil Bupati Kutai Timur

KABUPATEN Kutai Timur adalah salah satu daerah di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Memiliki 18 kecamatan dengan ibukota kabupaten terletak di Sangatta. Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu wilayah pemekaran dari Kabupaten Kutai yang dibentuk berdasarkan UU nomor 47 tahun 1999, tentang pemekaran wilayah Provinsi dan Kabupaten.

H Kasmidi Bulang ST MM satu di antara putra daerah kelahiran Sangatta, tepatnya, di Kampung Masabang, saat ini masuk wilayah Kecamatan Sangatta Selatan, yang cukup berhasil dalam karir politik. Dengan menjabat Wakil Bupati Kutai Timur, periode 2016-2021.

Ia memulainya karir politik sebagai wakil rakyat di Parlemen Kutai Timur, sejak masih aktif sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Timur. Namanya masuk dalam deretan anggota DPRD Kutai Timur mewakili organisasi kepemudaan pada tahun 1999.

Karir cemerlangnya terus melesat hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi calon legislatif dari Partai Golongan Karya (Golkar) pada 2004. Dengan daerah pemilihan di kawasan pedalaman, yakni Muara Bengkal, Muara Ancalong, Busang, Telen, Muara Wahau dan Kongbeng. Meski berasal dari Sangatta, putra pertama H Bulang Haruna dan Busriati (alm) ini mampu menarik hati masyarakat setempat. Namanya pun menempati urutan pertama dalam Pemilu tahun 2004 dan akhirnya terpilih sebagai anggota DPRD Kutai Timur.

Tahun 2009, kesuksesan kembali datang. Namanya masuk dalam deretan caleg dan terpilih kembali menjadi wakil rakyat untuk periode 2009-2014. Begitu pula pada pemilihan legislatif tahun 2014, penyuka olahraga otomotive ini terpilih untuk ketigakalinya pada periode 2014-2019. Bahkan memperoleh suara terbanyak dari seluruh deretan calon legislatif di DPRD Kabupaten Kutai Timur.

Tahun 2015, ia mengadu nasib di Pilkada Kutim sebagai Wakil Bupati Kutai Timur dan lagi-lagi Dewi Fortuna berpihak padanya. Di tahun yang sama, tampuk pimpinan partai berlambang pohon beringin di Kabupaten Kutai Timur ikut berada dalam genggamannya. Saat itu, suami dari wanita bernama Tirah Satriani bertekat membesarkan bendera Partai Golkar di Kabupaten Kutai Timur.

Lulusan Magister Managemen Universitas Mulawarman tahun 2011 ini pun aktif menggerakkan roda organisasi hingga ke tingkat kecamatan. Keinginannya untuk membesarkan bendera Golkar di Kabupaten Kutim, tak tanggung-tanggung. Seluruh kader digerakkan untuk membangun daerah masing-masing. Tak terkecuali mereka yang sudah duduk di gedung wakil rakyat agar tidak terlena dan lupa pada masyarakat yang telah memberikan amanah.(bersambung)

Comment here