Lokakarya Mini, Upaya Tingkatkan Sinergitas dan Peran Lintas Sektor

6C6BDD2F DC07 46CE 95AC 6002B3AD72E8

 

Foto: Salah satu petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Sangatta Utara memaparkan pencapaian kinerja Puskesmas.
RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA- Pelayanan kesehatan yang dibutuhkan saat ini, tidak hanya menunjang kemudahan akses namun juga harus mendukung peningkatan mutu dalam pelayanan. Pelayanan yang bermutu dan berkualitas ini akan terwujud jika ada pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, UPT Puskesmas Sangatta Utara menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) di Aula Hotel MS, Rabu (11/3/2020) kemarin.

“Untuk menyentuh dan mendengar langsung dari masyarakat sebagai bahan arahan, memperhatikan masalah lain seperti setiap rumah tangga harus mempunyai WC dan sarana air bersih,” tutur Camat Sangatta Utara Basuni.

Basuni mengatakan kegiatannya lokakarya mini sebagai upaya untuk meningkatkan sinergitas dan peran lintas sektor, mulai dari Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Puskesmas sebagai instasi kesehatan.

“Lokmin lintas sektor ini untuk berbagi tugas khususnya intervensi semua Kepala Desa oleh Camat sebagai koordinator wilayah untuk hal yang sifatnya pemberdayaan atau upaya kesehatan yang melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Basuni menyampaikan, “Perlu dimantapkan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala dan penyuluhan kesehatan bagi pelajar dan juga di bidang pelayanan posyandu ditingkatkan kerjasama dengan aparat desa dan kelurahan, selanjutnya menghidupkan kembali kegiatan dan upaya kesehatan di desa-desa,” katanya.

Sementara Plt Kepala UPT Puskesmas Sangatta Utara Nurmumtahanah menyampaikan bahwa pada pelaksanaan lokakarya mini adalah membahas kesepakatan untuk melakukan kegiatan pencapaian kinerja puskesmas yang belum tercapai, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan peran lintas sektoral terkait.

“Dengan kegiatan ini peserta dapat memberikan masukan dan keluhan tentang pelayanan kesehatan yang nantinya dapat menjadi acuan dan perbaikan di dalam memberikan pelayanan kesehatan,” tutupnya.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *