BeritaBerita PilihanKalimantan TimurKesehatanKutai TimurNasional

Alokasikan Rp 1,3 Miliar untuk Penanganan Covid-19

RUMHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Informasi warga Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur yang positif corona dan tengah mendapat perawatan intensif di RSUD AM Parikesit Tenggarong, membuat Pemkab Kutai Timur menyusun strategi khusus dalam menangani penyebaran covid 19 di wilayah Kutim. Terutama di wilayah Kecamatan Long Mesangat.

Untuk itu, Sekda Drs H Irawansyah M Si mengungkapkan dalam rapat gabungan yang digelar di ruang pertemuan Bappeda Kutim, diusulkan biaya penanganan penyebaran covid 19 sebesar Rp 1,3 miliar. Biaya itu untuk penambahan ruang isolasi dan alat pelindung diri bagi tim medis yang menangani, obat-obatan, biaya pengiriman sampel darah, rawat inap, transportasi ke kecamatan dan rujukan pasien terduga, serta kebutuhan lainnya terkait penanganan warga yang diduga terpapar.

“Kita bentuk satgas khusus pencegahan dan penanganan covid 19. Usulan biaya yang masuk dari Dinas Kesehatan sebesar Rp 1,3 miliar. Untuk penanganan dan pencegahan penularan covid 19” kata Sekda.

Ia mengimbau bagi warga yang merasakan gejala terpapar covid 19, seperti yang banyak disosialisasikan, di antaranya, demam, batuk dan kesulitan bernafas, langsung periksakan diri ke puskesmas atau klinik terdekat.

“Kalau pun nanti hasilnya negative, tidak masalah. Karena identitas tak diberitahu. Justru yang berbahaya jika hasilnya positif, tapi lambat memeriksakan diri. Bisa jadi sudah menularkan pada lingkungan sekitar,” ungkap Irawansyah.

Selain itu menghadapi kelangkaan masker dan sanitizer di Sangatta, maupun kecamatan lain di Kutim, menurut Sekda, sudah ada instruksi Bupati untuk pemerintah agar segera melakukan pengadaan masker.

“Pagi tadi sudah ditelpon Bupati, untuk pencegahan, kita akan menyediakan masker dan sanitizer. Bupati instruksikan dinas kesehatan dan pemerintah, untuk pengadaan masker. Bisa minta tukang jahit meminta buat masker secara masal untuk diberikan ke masyarakat,” ujarnya menyampaikan pesan Bupati.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here