Tujuh Kepala Desa di Kaliorang Usulkan Infrastruktur Fisik

1f200e6a 9e0c 49b0 9cf9 1f8a03bfbbb1

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KALIORANG – Penutup rangkaian kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di wilayah pesisir yang dipimpin Bupati Ir H Ismunandar MT , digelar di Kecamatan Kaliorang dan Kaubun, Sabtu (15/2/2020).

Di Kecamatan Kaliorang, Bupati Ismunandar mempersilakan para Kepala Desa yang jumlahnya tujuh orang mengajukan usulan prioritas di desanya masing-masing. Ketujuhnya dengan kompak memprioritaskan pembangunan infrastruktur fisik seperti bangunan pasar desa, gedung olahraga, sekretariat PKK desa, serta jembatan.

Ada beberapa yang mengajukan infrastruktur dasar, seperti listrik dan air bersih. Tak ketinggalan ambulan di tiap desa untuk mobilisasi warga yang mengalami kegawatdaruratan. Seperti yang disampaikan Kades Bumi Sejahtera, Didi Rahmad yang mengusulkan gedung olahraga, pasar desa dan pembangunan sekretariat PKK juga pengadaan ambulan desa.

“Untuk Desa Bukit Harapan, usulan mendesak adalah jembatan menuju Desa Selangkau. Agar bisa memperlancar akses transportasi masyarakat. Selain, usulan semenisasi gedung serbaguna, pembangunan embung desa, juga pengadaan ambulan desa,” ungkap Rusmono.

Sedangkan usulan Desa Kaliorang yang disampaikan Suprianto, antara lain semenisasi jalan, pembangunan masjid, kebutuhan listrik masyarakat dan ambulance. “Kami harapkan pada bulan puasa sudah bisa aliran listrik sudah ada, karena tiang sudah terpasang,” katanya.

Semua usulan tersebut, menurut Ismunandar, akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten dan Provinsi Kaltim. Apa yang belum terakomodir, di APBD Kabupaten Kutim, diupayakan melalui provinsi maupun APBN. “Pastinya, apa yang menjadi usulan prioritas akan kita kawal dan perjuangkan agar bisa terealisasi dengan baik. Karena tentu ini yang menjadi kebutuhan di masyarakat,” ujar Ismunandar.(advertorial/Kominfo Perstik Kutim/*4)

Pos terkait