Ruang Belajar SMPN 1 Sangkulirang Runtuh Tertimpa Pohon

AD0D15FF B841 454B AA52 6B6007B7816D

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGKULIRANG – Bangunan ruang kelas di SMP Negeri 1 Sangkulirang tertimpa pohon, Jumat (21/2/2020) pagi tadi. Alhasil pelajar kelas 8a yang menempati ruang tersebut untuk aktifitas belajar terpaksa pindah ke aula. Beruntung, saat kejadian tidak ada kegiatan belajar mengajar di ruang tersebut, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa tersebut, menurut para guru bemula dari kegiatan penebangan pohon beringin yang berada di sisi kelas. Karena mengganggu pencahayaan dan akarnya sudah menjulur hingga ke lantai bangunan sekolah. Selain, batang pohon juga sudah condong ke arah ruang kelas. Sehingga ada kekhawatiran, bila tiba-tiba runtuh, bisa melukai para pelajar yang sedang berada di kelas tersebut. Apalagi, kondisi bangunan sudah cukup tua. Yakni, berdiri sejak tahun 1995 lalu.

“Proses penebangan sudah diantisipasi dengan menggunakan tali agar jatuhnya tidak kea rah bangunan. Namun, angin cukup kencang sehingga tali yang dipasang tak kuat menahan dan menimpa bangunan sekolah,” ungkap Dahir, salah seorang guru di sekolah tersebut.

Mengetahui peristiwa tersebut, legislator yang sempat bersekolah di SMPN I Sangkulirang, Irwan mengatakan siap turun tangan dalam rencana rehabilitasi gedung sekolah tersebut. Apalagi, gedung sekolah juga sudah berumur.

“Di awal tahun saya sudah berinisiatif mengusulkan rehabilitasi bangunan baru pada Menteri PUPR cq Dirjen Cipta Karya. Baru saja, saya menghubungi Pak Menteri dan Pak Dirjen terkait peristiwa hari ini. Alhamdulillah, beliau langsung memerintahkan Kepala BPPW Kaltim untuk mengecek ke Sangkulirang. Insya Allah tahun ini kita akan bangun bangunan baru SMP N 1 Sangkulirang,” kata Irwan.(rb04)

Pos terkait