Peningkatan SDM Jadi Salah Satu Fokus Pembangunan Kutai Timur

D7361EF1 2335 413E 8D13 BA2394E7F9FF

RUMAHKARYABERSAMA.COM, RANTAU PULUNG – Perjalanan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang dipimpin Sekda Drs H Irawansyah M Si masih terus berlanjut. Rabu (12/2/2020) kemarin, ia bersama rombongan mendatangi Kecamatan Rantau Pulung, tepatnya di Desa Kebon Agung yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan Musrenbang Kecamatan kali ini.

Di hadapan para kepala desa, perwakilan masyarakat dan anggota DPRD Kutim yang hadir pada kegiatan tahunan ini, Irawansyah mengatakan Musrenbang merupakan proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang diharapkan menghasilkan program pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang mengacu pada visi misi daerah yang tertuang di RPJMD, dengan visi terwujudnya kemandirian Kutim melalui pembangunan agribisnis dan agroindustri,” ujarnya

Ada lima fokus pembangunan di Kutim, yang telah dinilai sukses dalam pelaksanaannya. Di antaranya, peningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini dibuktikan dengan raihan prestasi para pelajar asal Kutai Timur. Bahkan, Pemkab Kutim telah melakukan program sekolah gratis, tidak hanya 12 tahun, tapi ditambah juga perguruan tinggi di Sangatta, yakni, Stiper dan Stais.

Di bidang ekonomi, menurut Irawansyah, perekonomian Kutim juga terus mengalami peningkatan. “Pada 2016 hanya 2 persen sedangkan provinsi minus. Hal itu salah satunya disebabkan harga batu bara anjlok yang berdampak pada pemasukan negara. Pada 2018 Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi provinsi Kaltim sudah diatas 6,9 persen. Kutim 6,7 persen. Sedangkan nasional hanya 5 persen,” ungkap Irawansyah.

Selain itu, lanjut Irawansyah, tata kelola pemerintahan yang profesional, kredibel dan berorientasi pada peningkatan pelayanan publik juga meningkat. Dibuktikan dengan raihan sejumlah penghargaan. Beberapa di antaranya, penghargaan keterbukaan informasi public, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip) dengan nilai B serta pengelolaan keuangan daerah memperoleh opini WTP keempat kalinya berturut-turut dari BPK RI.(advertorial/Kominfo Perstik Kutim/*4)

Pos terkait