BeritaKutai Timur

Kasmidi Minta Pesta Siaga 2020 Jadi Momen Kebersamaan Pelajar SD se Sangatta Utara

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur yang juga merupakan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM membuka kegiatan Pesta Siaga Tahun 2020. Pembukaan kegiatan yang mengusung tema “siaga terampil cerdas, gembira dan bersaudara” ditandai dengan pengalungan tanda peserta di halaman gedung Sekretariat Pramuka Kutim, (29/2/2020).

Pesta siaga tahun 2020 diikuti Pramuka Siaga, yang pada umumnya tingkatan Siaga yang berusia 7-10 tahun. Untuk saat ini yang mengikuti pesta Siaga tahun 2020 adalah para pelajar yang duduk di bangku sekolah kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar se-Sangatta utara.

Ajang ini dimeriahkan dengan beragam perlombaan, antara lain lomba yel-yel, lomba origami atau seni melipat kertas, lomba menjahit dan untuk Siaga beragama Islam, digelar lomba membaca surat pendek dan artinya, sedangkan siaga beragama Kristiani digelar lomba membaca doa sehari-hari. Selain itu, juga ada senam animasi yang diperagakan para Pramuka Siaga SDN 007 dan 009 Sangatta Utara.

“Ini pesta siaga, start dari Sekolah Dasar (SD). Alhamdulillah, kemarin kita baru buka pelatihan untuk PAUD. Jadi, nanti Kutai Timur menjadi pilot project untuk di Kaltim, gerakan Pramuka Kutai Timur akan dimulai dari TK. Tidak hanya SD. Di YPPSB, sebagai percontohan,” ungkap Kasmidi.

Pesta siaga, kata Kasmidi, juga berkaitan bagaimana anak-anak mengenal apa itu Pramuka dan gerakan Pramuka yang akan terbawa hingga anak-anak dewasa nanti. “Terima kasih banyak para orang tua yang sudah membantu dan mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Gerakan Pramuka, menurut Kasmidi, diatur dalam undang undang dan merupakan kegiatan wajib di sekolah-sekolah. Tujuannya, bagaimana menghargai orang tua dan mereka yang lebih tua, menghargai waktu dan tidak lupa terhadap kewajiban dalam agama.

“Pastinya membentuk mental anak-anak kita dari usia dini, sampai dewasa nanti. Pesan saya pada adik-adik, jadikan momen untuk membangun kebersamaan dengan teman dan kakak-kakak Pembina yang ada di Gerakan Pramuka Kutim,” ungkap Kasmidi.(rb03)

Comment here