Ismunandar : Mulai Tahun Ini Semua Usulan Harus Melalui Musrenbang

1AA9E3C5 5C28 45FC 821D 027120B6CFB2

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANDARAN – Rombongan Bupati Kutai Timur (Kutim) Ir H Ismunandar MT di dampingi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Suko Buono, Kepala Bappeda Kutim DR Edward Azran, perwakilan DPRD Kutim memulai kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan pesisir di Kecamatan Sandaran, Senin (10/2/2020).

Kedatangan rombongan disambut Camat, Tahir Pekang dan para Kepala Desa di kecamatan tersebut. “Musrenbang merupakan momen yang sangat penting. Karena mulai tahun ini, semua usulan, baik itu dari Bupati sebagai pemimpin daerah, maupun DPRD atau siapapun, harus melalui Musrenbang,” kata Ismunandar.

Ia meminta pada kepala desa setempat, jika terdapat usulan dari DPRD untuk bekerja sama, perlu diketahui lebih dulu oleh Kepala Desa. Ada beberapa usulan DPRD yang sudah melalui mekanisme, namun ternyata kepala desa tak setuju. Oleh karena itu, diharapkan terjadi kerja sama yang baik antara semua tingkatan birokrasi. Karena biar bagaimanapun usulan yang disampaikan oleh DPRD, juga untuk kepentingan masyarakat.

“Banyak usulan yang disampaikan oleh kepala desa, dan semuanya adalah infrastruktur, perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Kutim ini lebih luas dari Provinsi Jawa Barat, artinya yang kita urus ini sangatlah luas. Oleh karena itu diperlukan tahapan-tahapan untuk memenuhi pembangunan infrastruktur di semua kecamatan yang ada di Kutim,” kata Ismunandar di hadapan warga Kecamatan Sandaran.

Sebelumnya Camat Sandaran Taher Pekang mengatakan bahwa Kecamatan Sandaran kurang lebih 20 tahun setelah pemekaran, belum ada menikmati infrastruktur yang memadai. Khususnya jalan, baik jalan antar kecamatan maupun jalan desa. Ia berharap di tahun 2021 nanti, warga setempat dapat menikmati jalan yang mulus, seperti kecamatan lainnya yang ada di Kutim.

“Terimakasih pada Pak Bupati, bahwa untuk tahun ini akan di bangun tower Telkomsel di Kecamatan Sandaran. Informasi ini sangat membahagiakan bagi kami warga Sandaran, yang selama ini, baru bisa pakai HP kalau jalan-jalan ke Kecamatan Sangkulirang. Alhamdulillah pula untuk tahun ini juga direncanakan akan di bangun gedung Puskesmas yang lebih representatif,” kata Tahir Pekang.

Soal pembangunan, Tahir membeberkan, pengembangan produk unggulan untuk Kecamatan Sandaran di tahun 2021, di antaranya adalah pengembangan perkebunan jagung dan kakao, serta sektor perikanan.

Beberpa usulan kegiatan di Kecamatan Sandaran, yang terdiri dari Desa Manubar , Manubar Dalam , Tadoan, Marukang, Susuk Luar, Susuk Tengah, Susuk Dalam, Sandaran dan Tanjung Mangkaliat, berupa semenisasi jalan, pembangunan jembatan pelabuhan rakyat, pembangunan kantor desa, pencentakan sawah baru, peningkatan jalan produksi, pembangunan gedung sekolah, listrik desa, ambulan desa, jaringan air bersih, penurapan pantai, pembanguan pasar desa, rumah ibadah (masjid), gedung puskesmas dan beberapa usulan lainnya.

Sebelum membuka Musrenbang Bupati Ismunandar juga melantik beberapa Kepala Desa di Kecamatan Sandaran, di antaranya Kepala Desa Manubar Dalam, Tanjung Mangkaliat, Susuk Tengah, Pj Kepala Desa Susuk Dalam, Kepala Desa Marukangan dan Manubar.(advertorial Kominfo Perstik Kutim/*4)

Pos terkait