Cegah DBD, Kompak dan RKB Gelar Fogging di Empat Lokasi

0FD52A14 DBE0 455A A3A2 ABB733ADE81D

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Musim hujan masih terus berlangsung. Antisipasi terhadap penyakit demam berdarah terus dilakukan. Terutama di lokasi-lokasi yang sudah terjangkiti dan ada korban. Permintaan untuk tindakan pencegahan berupa fogging terus berdatangan.

Melihat hal tersebut, Komunitas Pecinta Alam Kutai Timur (Kompak) yang berada di bawah naungan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM melakukan fogging di beberapa lokasi di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Sebagai bagian pencegahan menjangkitnya DBD di lokasi tersebut. Di antaranya, Gang Mansyur Alam, Gang Benua Muda, Gang Kutai Indah dan Gang Sidrap.

Bahkan Wabup Kasmidi Bulang hadir langsung mamantau kegiatan fogging, bersama salah satu tokoh masyarakat, Nanin.

“Fogging yang kita lakukan merupakan respon cepat terhadap permintaan masyarakat setempat yang menginginkan adanya tindakan pencegahan DBD di sekitar pemukiman mereka. Karena di pemukiman tersebut, sudah ada anak yang terjangkit DBD. Sehingga, menjadi kebutuhan mendesak,” kata Kasmidi.

Tak hanya fogging, bersama warga setempat Kasmidi juga meluangkan waktu untuk berkomunikasi tentang penyebaran DBD. Ia pun mengajak para ibu rumah tangga dan pemuda sekitar agar rajin melakukan bersih-bersih lingkungan.

“Penyebaran DBD, berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan, seperti air tergenang oleh sampah botol plastik yang menyebabkan drainase yang tidak mengalir. Sehingga dapat menjadi sarang nyamuk,” ujarnya.

Ia juga mengajak warga melakukan pencegahan dengan gerakan 3M Plus. Yaitu Menguras, membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Menutup, dengan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya. Serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah.(rb04)

Pos terkait