BeritaKutai Timur

TP PKK Kutim Libatkan IBI Gelar Pelatihan Dasa Wisma

RUMAHKARYABERSAMA.COM. Sangkulirang – Dalam upaya meningkatkan Dasa Wisma di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Tim Penggerak PKK Kutim bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Kutim melaksanakan pelatihan Dasa Wisma untuk lima kecamatan, yakni Sangkulirang, Sandaran, Karangan, Kaubun, Kaliorang (Sangsakakaukar), Sabtu (19/10/2019).

Pelatihan Dasa Wisma yang melibatkan PKK Kecamatan, desa dan bidan tersebut juga tutrut dihadiri camat Sangkulirang Tajudin, Camat Sandaran Tahir Pekang, Camat Karangan Madnuh, Camat Kaubun Muhammad Amin, Camat Kaliorang Simon Salombe, Ketua IBI Kutim Triana Nur dan perwakilan TP PKK Kabupaten.

Dasa Wisma adalah Satu kelompok yang terdiri dari 10 – 20 rumah terdekat yang dijadikan satu kelompok dalam suatu wadah yang diketuai salah seorang dari warga tersebut. Sebagai kelompok kecil yang mempunyai peran strategis untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan sebagai ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK sebagai mitra kesehatan jelas Sekertaris III di PKK Kabupaten Kutim Herliana.

“Pelatihan Dasa Wisma dengan tema dukung 10 program pokok PKK dan cegah Stunting, mengapa kali ini PKK melibatkan mitra kerja yakni bidan, karena bidan-bidan ada yang direkrut oleh TP PKK baik Kabupaten, kecamatan dan desa untuk menjadi pengurus PKK khususnya di Pokja IV,” Jelasnya.

“Kita ketahui Dasa Wisma di Kutim ada yang sudah jalan, ada yang jalan di tempat, ada yang jalannya cepat dan ada pula yang sedang-sedang saja. Untuk itu TP PKK Kabupaten saat ini bermitra atau melibatkan bidan, karena bidan untuk kesehariannya selalu berhadapan dengan masyarakat, seperti melakukan penyuluhan, bina keluarga dan balita serta kegiatan lainnya,” Imbuhnya.

Lebih lanjut Herliana mengatakan bahwa tujuan umum Dasa Wisma adalah untuk membantu tugas pokok PKK desa yang kegiatannya diarahkan kepada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Serta tujuan khusus membina dan menjaga kerukunan warga, mengelola dan meneyelengarakan10 program pokok PKK, membangun ke gotong royongan dan keperdulain antara warga satu dengan yang lain, memotivasi kreatifitas dan pola pikir warga agar tyetap aktif dan dinamis, mendukung program pemerintah/ OPD terkait serta melakukan pencatatan dan pelaporan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat. (Rb 05)

Comment here