Berita PilihanKutai TimurOlahragaScienceSeni & BudayaSportsTechnology

Sangatta Menuju Percontohan Smart City

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Pembangunan di bidang komunikasi dan informasi juga terus digalakkan. Bahkan Kabupaten Kutai Timur terpilih sebagai satu kabupaten di antara 100 kabupaten kota lainnya di Indonesia, untuk menjadi smart city. Untuk itu, Dinas Komunikasi Informasi Telekomunikasi Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kutai Timur memilih kawasan Polder Sangatta di Jalan Ilham Maulana menjadi area percontohan smart city di Kutai Timur.

Kadiskominfo Perstik Kutim, Ir Suprihanto CES mengatakan evaluasi untuk merealisasikan Sangatta menjadi kawasan Smart City terus dilakukan. Secara bertahap pembangunan jaringan telekomunikasi untuk mendukung area Polder Sangatta sebagai percontohan terus dikebut.

“Saat ini sudah terpasang jaringan wifi di enam akses poin yang masing-masing berkapasitas 20 mbps. Nanti, setelah peluncuran dan diresmikan, masyarakat bisa menikmati fasilitas internet gratis di kawasan tersebut,” ungkap Suprihanto.

Pengembangan Smart City di Sangatta, menurut Suprihanto, tidak terbatas pada soal IT saja. Tapi juga disentuh dengan Smart Environment dan Smart Living yang mengintegrasi kawasan Polder Sangatta, antara tempat olahraga, wisata, rekreasi keluarga, serta kuliner.

“Artinya smart city tak hanya disentuh oleh teknologi informasi saja. Tapi disentuh juga dengan environment. Orang ke situ (polder, red), bisa jadi sehat, dan lainnya,” ungkap Suprihanto.

Selanjutnya, smart city juga terintegrasi dengan program Smart Governance, berupa sinergitas antar lembaga pemerintah demi tercapainya layanan publik yang semakin prima. Integrasi sistem perencanaan dan sistem keuangan, manajemen sistem pelayanan terpadu serta pembayaran PBB secara online.

Serta, Sistem Informasi Statistik Daerah (SISD), yang menghasilkan database statistik pembangunan daerah Kabupaten Kutai Timur yang bisa diakses melalui web dan smartphone android, serta menyediakan sistem informasi statistik daerah yang berisi informasi tentang statistik daerah.

Smart Society, menyediakan pelayanan pendidikan terintegrasi digital. Untuk pemerataan pendidikan dan kualitas pendidikan, Pemkab Kutim juga menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah-sekolah. Program pengawasan orang tua pada anaknya di sekolah yang bisa diakses orang tua melalui smartphone.(advertorial/Kominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here