Berita PilihanKutai Timur

Latsar CPNS 2019 Resmi Dibuka Wabup Kutim Kasmidi : ASN harus smart saat melayani

RUMAHKARYABERSAMA.COM. Sangatta – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) H Kasmidi Bulang ST MM buka secara resmi pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil golongan II dan III angkatan I dan II (Latsar CPNS) tahun 2019. Pagi tadi di Ruang Damar Gedung Serbaguna Bukit Pelangi, Senin (21/10/2019).

Latsar CPNS Tahun 2019 tersebut akan berlangsung selama 60 hari kalender yaitu mulai dari tanggal 21 Oktober sampai dengan 18 Desember 2019 dengan 511 Jam Pelajaran dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang.

“Selamat kepada semua peserta Latsar yang mengikuti pelatihan ini, dan jika saudara lulus maka akan berubah setatus dari CPNS menjadi PNS, saya doakan semoga semuanya lulus,” ucap Kasmidi sapaan akrab Wabup kutim.

“Menjadi PNS adalah harapan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua CPNS, selangkah lagi peserta Latsar akan di angkat menjadi PNS. Kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dibendung lagi masuk ke Indonesia dengan demikian ASN juga dituntut untuk berubah dan meningkatkan kualtis diri menjadi smart ASN yang searah dengan dinamisasi pemerintah diarah digital,” harapnya.

Lebih lanjut Kasmidi berharap untuk menyiapkan kualitas dan kopetensi ASN yang semakin mempuni inovatif, kreatif, berdaya saing tinggi yang mewujudnya terlaksananya tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan moderen.

“Pemerintahannya smart, kabupatennya smart, dan tentunya saja ASN nya juga smart saat melayani masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kutim H Zainuddin Aspan SH Msi menjelaskan bahwa Latsar CPNS tahun 2019 ini berlandaskan dasar hukum Undang Undang Nomor 5 tahun 2018 tentang aparatur sipil negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil.

“Tujuan dan sasaran pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kopentensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi dengan sasaran terwujudnya integrasi moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme dan kebangsaan, kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab memperkuat nasionalisme dan kopentansi bidang,” jelasnya.

Lebihlanjut Zainuddin mengatakan bahwa kopetensi yang dibangun dalam Latsar CPNS kali ini adalah peserta mampu menunjukan prilaku bela negara, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia, mengaktulaisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jawabannya dan menunjukan penguasan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugasnya.advetorial / Diakominfoperstik (RB 01/05)

Comment here