Berita PilihanKutai Timur

Wabup Kasmidi Buka FGD Penyusunan Roadmap Kalfor

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion Penyusunan Roadmap Proyek Kalimantan forest (Kalfor) di Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan berlangsung di Hotel Royal Victoria, Kamis (19/9/2019) menghadirkan pembicara Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, DR Rudianto Amirta didampingi Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur, Zairin Zain dan Kepala Bappeda Kutai Timur, Edward Azran.

Kegiatan ini juga mengundang 98 perusahaan di Kutai Timur. Namun, perwakilan perusahaan yang hadir hanya 11 saja. Wabup Kasmidi Bulang meminta Dinas Perkebunan untuk membuat teguran pada perusahaan yang tidak hadir.

“Karena kegiatan ini sangat penting untuk generasi mendatang. Sebuah perencanaan tentang pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang patut diketahui oleh perusahaan-perusahaan perkebunan yang beroperasi di Kutim,” kata Kasmidi.

Seperti diketahui, Kabupaten Kutai Timur merupakan satu dari empat kabupaten di Kalimantan yang mendapat proyek Kalimantan Forest (Kalfor). Tiga kabupaten lainnya adalah, Kabupaten Sintang dan Ketapang di Provinsi Kalimantan Barat serta Kabupaten Kotawaringin Barat di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kalfor, sebuah proyek kerja sama antara United Nation Development Program (UNDP) melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan didanai Global Environtement Facility (GEF). Selama tujuh tahun, proyek dilaksanakan dengan tujuan menyelamatkan dan menjaga hutan yang memiliki nilai keberagaman hayati. “Diskusi penyusunan roadmap sangat penting, karena untuk menjaga hutan kita di Kutim. Bagaimana mengelola area berkonservasi tinggi,” kata Kasmidi.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*1/*4)

Comment here