Berita PilihanKalimantan TimurKutai TimurNasional

BPBD Minta Distan Bantu Sosialisasi Kebakaran Lahan ke Petani

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Kebakaran hutan dan lahan mulai terjadi pula di wilayah Kabupaten Kutai Timur, terutama di kawasan Kecamatan Sangatta Utara, sepekan belakangan ini. Kepala BPBD Kutai Timur, Syafrudin Syam MAP meminta warga agar tidak melakukan pembakaran lahan. Terutama mereka yang mau membuka lahan pertanian. Ungkapan Kepala BPBD ini ditenggarai ada kesengajaan dalam kebakaran lahan yang terjadi di Sangatta. Karena beberapa kali, kebakaran terjadi siang jelang sore hari.

Ia pun meminta Dinas Pertanian ikut membantu pencegahan kebakaran lahan dengan mengoptimalkan petugas PPL di lapangan. Untuk memberi sosialisasi akibat buruk membakar lahan. Karena tak sedikit warga yang masih menggunakan cara membakar lahan untuk membuka areal pertanian.

“Kami sudah berkeliling, mengimbau warga agar tidak membakar sampah sembarangan. Juga ke para pemilik lahan agar tidak membakar lahan untuk membuka lahan pertanian. Selain itu, kami juga mengharapkan bantuan Dinas Pertanian Kutim untuk mengoptimalkan petugas PPL agar menyosialisasikan masalah ini ke para petani di Kutim,” ungkap Syafruddin dalam coffee morning yang dipimpin Sekda Drs H Irawansyah M Si, Senin (16/9/2019).

Selain itu, Syafruddin juga telah menyiapkan Tim BPBD Kutim yang bersiaga selama 24 jam. Tim ini berada di Kantor BPBD Kutim, Jalan Soekarno Hatta, Sangatta Utara. Untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here