Batik Kutim Tampil di New York Fashion Week

0CF854D7 D86E 4E85 9E26 97116BD20A0F

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Mengusung tema Etude Enggana, Sebuah tema yang terinspirasi dari harmoni nada dan burung Enggang yang banyak ditemukan di Kutai Timur, Batik Kutai Timur akan kembali tampil di catwalk. Kali ini, bukan di tingkat nasional, tapi di tingkat internasional, yakni, ASC Fashion Week- New York Fashion Week, Amerika Serikat, 8 September 2019 mendatang..

Perancang busana kenamaan, Lia Afif akan membawa 12 busana dengan corak burung enggang yang dipadu motif akaroros dan paku dan menampilkannya di hadapan dunia internasional pada ajang tersebut. “Ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi Kutai Timur, setelah sebelumnya kita juga mengikuti Indonesia Fashion Week (IFW) pada Maret 2019 lalu. Dengan karya batik akaroros yang didesign menjadi gaun muslimah pula,” ungkap Kabid Industri dan Pariwisata Kutai Timur, Tirah Bahar KB, Minggu (1/9/2019).

F00E5117 0CAF 47D2 A7E9 60F1D43644EAKeikutsertaan Batik Kutai Timur ke ajang internasional, menurut Tirah, merupakan ikhtiar Dinas Pariwisata Kutai Timur dalam mengembangkan produk lokal masyarakat untuk meningkatkan sektor pariwisata. Selain tingkat nasional, bagaimana Batik Kutim juga bisa sampai ke kalangan internasional.

“Sebelum sampai ke tingkat ini, Dinas Pariwisata Kutim sangat konsen terhadap pengembangan produk Batik Kutim. Dengan pembinaan, sosialisasi hingga menggelar pelatihan bagi warga yang memiliki minat membatik. Bahkan, untuk yang berbakat dan tekun, dikirim mengikuti pelatihan di Pulau Jawa,” kata Tirah.

Ia juga berterima kasih pada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan memberikan dukungannya untuk memajukan produk lokal Kutai Timur. Terkhusus pada PT Kaltim Prima Coal (KPC), yang senantiasa mendukung dalam memajukan pariwisata di Kutai Timur.(rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *