BeritaKesehatanKutai Timur

394 Pendonor Terima Penghargaan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Palang Merah Indonesia (PMI) tahun ini genap berusia 74 tahun. Rabu (25/9/2019) malam, PMI Kutai Timur menggelar malam ramah tamah sekaligus memberi penghargaan pada pendonor darah yang telah sukarela mendonorkan darahnya secara rutin.

Ada 394 pendonor setia PMI Kutim yang menerima penghargaan. Terdiri dari 300 pendonor 10 kali, 70 pendonor yang sudah 25 kali mendonorkan darahnya, 17 pendonor yang sudah 50 kali mendonorkan dan tujuh pendonor yang mencapai 75 kali mendonorkan darahnya. Penghargaan bagi 75 kali mendonorkan darahnya diberikan langsung oleh Wabup H Kasmidi Bulang ST MM.

“Informasinya, satu kantong bisa digunakan untuk dua pasien. Artinya, kalau ada yang mendonorkan darahnya sampai 50 kali, berarti ada 100 pasien yang telah terbantu, untuk bertahan hidup. Terima kasih sekali pada saudara-saudara yang sudah mendonorkan darahnya dengan sukarela,” kata Kasmidi.

Tindakan seperti ini, menurutnya tidak ternilai harganya dan pantas disebut sebagai pejuang kemanusiaan. “Saya mengajak warga agar meneladani para pendonor darah ini. Karena setetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ujar Kasmidi yang membacakan sambutan Bupati Kutai Timur, Ir H Ismunandar MT yang juga Ketua PMI Kutai Timur.

Selain itu, ada 58 instansi, baik swasta maupun pemerintahan, organisasi masyarakat, perguruan tinggi serta sekolah yang rutin menggelar kegiatan donor darah yang juga mendapat penghargaan dari PMI Kutim. “Setiap tahun, kesadaran masyarakat yang mendonorkan darahnya semakin meningkat. Selain itu, tiga tahun terakhir juga terjadi peningkatan penggunaan kantong darah. Artinya, jumlah pendonor pun terus meningkat dan pelayanan pada masyarakat yang membutuhkan pun semakin meningkat,” kata Ketua Panitia HUT PMI Kutim, dr Rita M Kes.(rb04/rb07)

Comment here