Berita PilihanKutai Timur

38 Kerukunan Toraja Ramaikan Turnamen Olahraga IKAT Kutim

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Tak mau ketinggalan dalam memeriahkan HUT ke 74 Republik Indonesia, Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kabupaten Kutai Timur menggelar pertandingan olahraga antar kerukunan di dalam naungan IKAT. Ada sekitar 38 kerukunan pilar yang berpartisipasi dalam tournament tersebut.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang ST MM didampingi Ketua IKAT Kutim, Pither Buyang S Pi M Si di lapangan Jalan Merpati Kampung Tator Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara, Jumat (9/8/2019) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Kasmidi menyampaikan meski pertandingan digelar untuk kalangan sendiri, namun sudah merupakan kegiatan yang luar biasa. Karena menunjukkan kerukunan antar warga Toraja yang ada di Kutim.

“Pemerintah memberi apresiasi pada IKAT Kutim yang mengadakan ajang silaturahmi berkaitan dalam rangka HUT RI. Memang kita tidak ikut berjuang, tapi bentuk penghargaan dalam mengisi kemerdekaan, itulah yang kita harus lakukan,” ujarnya.

Toraja adalah salah satu etnis yang ada di Kutai Timur. Jangan dengan hadirnya beberapa etnis terjadi pengkotak-kotakan di kalangan warga. “Mari kita jaga budaya kita dan kita pelihara, karena dari keragaman itu, membentuk orang yang besar,” kata Kasmidi.

Pemkab Kutim, menurut Kasmidi, juga akan menggelar kegiatan olahraga rakyat di depan halaman Kantor Bupati Kutim, pada 13-14 Agustus mendatang. Salah satunya, tarik tambang. “Silakan berpartisipasi. Karena kita buka kelas pemerintah, kelas umum dan kelas pendidikan,” ungkapnya.(rb04)

Comment here