Subsidi Dipangkas, Penerbangan Sangatta-Balikpapan Tak Ada

pampflet RKB
Saat peluncuran pesawat Susi Air melayani masyarakat melalui program subsidi

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Bagi masyarakat umum yang biasa bepergian ke luar Sangatta, Kutai Timur menuju Balikpapan, menggunakan jasa penerbangan perintis “Susi Air”, kini tidak bisa menikmatinya lagi.
Sebab, untuk tahun 2019 ini, subsidi pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI, memangkas dana subsidi penerbangan perintis di Kutai Timur. Hal ini diungkapkan Kadishub Kutim, Ikhsanuddin Syarpie dalam coffee morning yang dipimpin Wabup H Kasmidi Bulang ST MM bersama Sekda Drs H Irawansyah M Si dan Asisten Pemkesra Drs H Suko Buono M Si, Senin (15/7/2019).

Hal ini juga diperjelas oleh Wabup Kasmidi Bulang. Karena kondisi keuangan negara juga sedang tidak stabil, maka beberapa pos anggaran terkena pemotongan. Termasuk untuk penerbangan perintis di daerah.

“Pemkab Kutim melalui Dinas Perhubungan, sudah mengupayakan agar penerbangan perintis tetap ada. Pinjam pakai bandara juga sudah dilakukan dan ditandatangani Bupati dan perwakilan Kementerian Keuangan yang menangani aset negara. Tapi, karena terjadi pemangkasan, sehingga tidak ada lagi penerbangan perintis yang bisa digunakan masyarakat Sangatta dan sekitarnya yang mau menuju Balikpapan atau sebaliknya,” beber Kasmidi.

Dengan kondisi demikian, bukan artinya pemerintah menutup mata, Wabup berharap di tahun 2020 mendatang, penerbangan bersubsidi dapat beroperasi lagi bagi masyarakat Kutai Timur, terutama bagi mereka yang bermukim di wilayah pedalaman.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*9)

Pos terkait