Berita PilihanKutai Timur

Dinas Pertanian Periksa 200 Sapi Kurban

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur sepekan belakangan ini mulai melakukan pemeriksaan sapi kurban yang diperdagangkan di wilayah Kabupaten Kutai Timur. Terutama sapi kurban yang didatangkan dari luar Kutim, seperti dari Jawa maupun Sulawesi.

Sekitar 200 sapi dilakukan pemeriksaan kesehatan sebagai langkah antisipasi adanya sapi yang berpenyakit yang diperdagangkan pada warga. Karena, hewan kurban yang dibeli masyarakat, harus dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat untuk kurban.

“Sampai saat ini, sudah 200 sapi yang kami periksa kesehatannya. Jumlahnya masih akan terus bertambah, karena masih banyak sapi yang datang dari luar daerah untuk dipasarkan di Sangatta,” kata Kadis Pertanian Kutim, Sugiono, Selasa (30/7/2019).

Tim pemeriksaan hewan kurban Dinas Pertanian, yang diketuai drh Cut Mutia menurut Sugiono, terus melakukan penyisiran ke para pedagang hewan kurban yang ada di Sangatta. Mulai dari sepanjang Jalan AW Syahrani, Jalan Poros Sangatta-Bontang, Jalan Soekarno Hatta dan beberapa titik lainnya di kecamatan.
Pemeriksaan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan gigi, mulut dan kotoran. Setelah disembelih nanti, akan dilakukan pemeriksaan dalam, seperti hati, usus dan organ lainnya untuk memastikan kondisi sapi dalam keadaan sehat, tidak bercacing, terutama cacing pita atau penyakit lainnya.

“Untuk di kecamatan, pemeriksaan dilakukan tim medis dari UPT Puskeswan di masing-masing kecamatan,” ujarnya.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here