Berita PilihanKutai Timur

2019, Pengajuan Perizinan Naik Tiga Kali Lipat

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dalam upaya meningkatkan investasi di Kutai Timur Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMD dan PTSP) terus berupaya meningkatkan pelayanannya. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Dinas PMD PTSP Saiful Ahmad pada coffee Morning di lingkungan Pemkab Kutim di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, pada tahun 2017 izin yang diterbitkan oleh PTSP sampai dengan akhir tahun mencapai 2.400 izin, kemudian pada tahun 2018 mengalami penurunan yakni selama satu tahun hanya 1.700 karena ada peralihan sistem dari manual ke integrasi.

“Sementra untuk tahun 2019 sampai dengan saat ini ada sekitar kurang lebih 4.200 perizinan. Artinya naik tiga kali lipat dibanding dengan tahun 2018. Hal ini karena PTSP melakukan pelayanannya dengan cara terbuka. Tidak ada calo dan list pengajuan perizinan bisa diperoleh masyarakat kapan saja,” jelasnya.

Hal ini, kata Syaiful, menandakan bahwa sistem investasi dan peluang usaha di Kutai timur cukup baik. Ditandai dengan kondisi makro yang sangat bagus ditengah-tengah masyarakat Kutim. “Hampir 65 persen dari sistem perdagangan naik progresnya, terutama sawit dan perkebunan,” ujarnya.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*5)

Comment here