120 Disabilitas Ikut Pemeriksaan Gratis

IMG 20190709 WA0064

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinsos Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaksanakan pemeriksaan atau deteksi dini kesehatan kepada 120 kaum disabilitas di Kutim. Pelaksanaan dilakukan selama 4 hari, mulai 9-12 2 Juli 2019 di Gedung PKK Kabupaten Kutim.

Difabel atau disabilitas adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi. Keterbatasan diri dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari ini. Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kutim terdapat 480 warga penderita disabilitas di Kutim.

“Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Kutai Timur melaksanakan suatu kegiatan bagi Disabilitas. Dengan konsep deteksi dini untuk mengetahui kondisi kesehatan saudara-saudara kita, penderita disabilitasnya,” kata Hj Hertati M Si, Kepala Bidang Fakir Miskin Dinsos Provinsi Kaltim, Selasa (9/7/2019).

IMG 20190709 WA0065

Dinsos Kutim melakukan identifikasi atau cek kesehatan secara menyeluruh, agar tahu penyakit yang diderita. Sehingga bisa dirujuk untuk pengobatan selanjutnya. Kalau pun memerlukan alat bantu, diupayakan mendapat bantuan. Seperti alat bantu kaki, tangan, alat pendengaran, alat pengelihatan dan lainnya.

Hal ini, kata Hertati, untuk membantu para disabulitas bisa optimal dalam menjalankan aktivitas seperti orang normal. “Dari sini nanti akan direkomendasikan Dinsos Kutim selanjutnya diajukan ke provinsi dan dari provinsi nantinya akan diusulkan dana dekonsentrasi ke Kementrian Sosial. Semoga untuk tahun-tahun berikutnya sesuai dengan badget dan kuotanya bisa terpenuhi,” papar Hertati.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*5)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *