Ratusan Pekerja Padati Kantor Bupati Kutim

IMG 20190501 WA0030 1

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Ratusan pekerja perusahaan perkebunan kelapa sawit dari berbagai organisasi pekerja, memadati halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (1/5/2019). Mereka berorasi mengajukan beberapa tuntutan tentang kesejahteraan yang diharapkan.

Di antaranya, penghapusan kategori Buruh Harian Lepas (BHL) pada perusahaan perkebunan, mempekerjakan tenaga lokal Kutim, meminta pemerintah mencabut PP 78 tahun 2015 tentang perburuhan, gratiskan kesehatan bagi buruh, tegakkan hukum ketenagakerjaan dan pengawasan, serta hapuskan sistem outsourching.

Koordinator lapangan, Protus Kia juga sempat menyinggung soal PHK besar-besaran yang dilakukan PT Anugerah Energitama, belum lama ini. Masalah tersebut hingga kini belum selesai juga.

Para pekerja ini ditemui oleh Bupati Ismunandar yang didampingi pula oleh Wabup Kasmidi Bulang dan Sekda Irawansyah. Bupati Ismunandar mengatakan akan turun tangan membantu persoalan pekerja di Kutim. Namun, tentunya tetap mengacu pada undang undang yang berlaku.(rb04)

Pos terkait