Program Pembangunan Kutim Sejalan dengan RPJMD Kaltim

IMG 20190117 WA0019

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SAMARINDA – Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan, Rupiansyah menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Timur yang digelar di Lamin Etam, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Kamis (17/1/2019).

IMG 20190117 WA0019

Bersama ratusan peserta dari Forkominda Kaltim, Bupati dan Walikota se Kaltim, Forkominda kabupaten/kota serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota, juga tokoh masyarakat, Kasmidi mendengarkan paparan Menteri PPN/Bappenas RI tentang transformasi dan akselerasi pembangunan Kaltim yang disampaikan Direktur Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Pedesaan, Sumedi Andono. Serta Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Soemarsono dan Kepala BNN Provinsi Kaltim, Brigjen Pol Raja Haryono.

“Musrenbang Kaltim, mensinkronkan program-program provinsi dengan daerah kabupaten/kota se Kaltim. Tadi juga dibacakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim agar RPJMD Kutim juga sejalan dengan RPJMD Kaltim. Hasilnya, sebagian besar program milik Kutim, sudah sejalan dengan provinsi. Artinya, Kutim bisa sinergi dengan provinsi dalam pembangunan ke depan,” kata Kasmidi.

IMG 20190117 WA0020

RPJMD tahun ini, menurut Kasmidi mengusung program pada penguatan pangan. Kutim pun memiliki program yang sama. Artinya, Kutim bisa sinergi dengan Provinsi Kaltim dalam program pengembangan persawahan, perkebunan dan insdutri pangan. Sehingga, diharapkan tidak kesulitan mendapat bantuan anggaran dari provinsi untuk pengembangan usaha pertanian di Kutim.

Selain itu, kata Kasmidi, Gubernur Kaltim, Isran Noor juga sempat menyinggung soal penyelesaian program –program strategis nasional. Satu di antaranya ada di Kutim. Yakni, KEK Maloy. “Kita juga berharap, Maloy mendapat perhatian khusus agar segera beroperasi. Karena untuk fasilitasnya, sudah hampir rampung,” ujar Kasmidi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *