Berita

KPC Bangga Bisa Pasok Air Bersih untuk Warga

Bupati, Wabup dan Sekda Berfoto bersama dengan jajaran PT.Kaltim Prima Coal, pjs direktur PDAM dan FKPD di Lokasi IPA Kudungga

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Pembangunan IPA Kudungga Tahap II berkapasitas 50.000 liter per detik merupakan kolaborasi Pemkab Kutai Timur dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) selaku perusahaan yang beroperasi di wilayah Sangatta.

Pembangunan IPA beserta jaringan pipa dilakukan Pemkab Kutim, sementara penyediaan air baku oleh PT KPC, dengan memanfaatkan Telaga Kenyamukan, yang merupakan tempat penampungan air di sekitar hutan kawasan pertambangan Pit J.

Chief Operating Officer (COO) PT KPC, M Rudy mengatakan pihaknya sangat berbangga, dalam dua tahun sudah kembali lagi ke IPA Kudungga untuk meresmikan pembangunan instalasi tahap II. Dimana, cakupan pelayanan air bersih untuk masyarakat di Sangatta semakin meluas. “Kami, sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Sangatta, Kutai Timur, tentu sangat bangga dapat ikut membantu pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, secara cepat,” kata Rudy.

Senada, GM ESD PT KPC, Wawan Setiawan mengatakan kolaborasi pemerintah dengan PT KPC dalam penyediaan kebutuhan dasar masyarakat sangat strategis. Ada potensi yang dimiliki PT KPC, yakni Telaga Kenyamukan yang bisa menjadi bahan baku penyediaan air bersih untuk masyarakat.

“Kalau ada potensi, namun tak dimanfaatkan, KPC juga merasa berdosa. Sehingga melalui komitmen kebutuhan dasar yang juga bagian penting dalam CSR kita, PT KPC berkolaborasi dengan pemerintah untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan dasar tersebut,” ujar Wawan.

KPC, kata Wawan, juga bangga dengan realisasi kerja sama tersebut. Dimana Telaga Kenyamukan yang tadinya hanya sebuah tempat penampungan air, bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Bahkan, berdasarkan penelitian, air baku dari telaga tersebut memiliki kualitas nomor I.

“Dengan kualitas nomor I, tidak hanya berdampak pada pengolahan air yang efektif dan lebih murah, tapi juga menunjukkan manajemen air di tambang KPC sangat baik,” kata Wawan.(*)

Comment here