Berita

IPA Kudungga Tahap II Mampu Layani 3.000 Pelanggan

Suparjan selaku Pjs Direktur PDAM Tirta Tuah Benua saat menyampaikan laporan di hadapan Bupati Kutim dan para undangan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Intalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga tahap II yang baru saja diresmikan Bupati Ir H Ismunandar MT, Kamis (10/1/2019), memiliki kapasitas yang sama dengan IPA Kudungga tahap I yang diresmikan tahun 2017 lalu. Yakni, 50.000 liter per detik.

Dengan begitu, IPA Kudungga saat ini memiliki kapasitas 100 liter per detik dengan cakupan layanan 40 persen pelanggan air bersih dari total pelanggan PDAM Tirta Tuah Benua Kutim di Sangatta, sebanyak 15.800 kepala keluarga.

“Tahap II memiliki cakupan layanan di kawasan Bukit Pelangi dan sekitarnya hingga Jalan AW Syahrani dengan jumlah pelanggan diperkirakan mencapai 3.000 kepala keluarga,” ungkap Pjs Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, Suparjan.

Ke depan, lanjut Suparjan, penggabungan IPA Kudungga yang memiliki kapasitas 100 liter per detik, akan dikembangkan hingga ke kawasan Pelabuhan Kudungga dan sekitar kawasan Kecamatan Sangatta Selatan.

“Harapannya, pada 2020 mendatang, masalah air bersih di Sangatta tuntas, dengan cakupan pelanggan sudah mencapai 95 persen. Mengapa 95 persen, karena perhitungan kami, 5 persennya adalah warga yang berada di kawasan minim penduduk dan sulit dijangkau,” ujar Suparjan.(*)

Comment here