Kutai Timur

Praktik Berlayar Cukup Gunakan Simulator Navigasi

SANGATTA – Senin (19/11/2018), Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST MM dibuat kagum dengan bantuan peralatan simulator navigasi pelayaran yang dimiliki SMKN 2 Sangatta. Alat senilai Rp 3 miliar lebih itu merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, bidang Pembinaan SMK melalui dana APBD Kaltim tahun 2018.

Karena, alat yang baru ada dua di Kaltim, yakni di SMKN 5 Balikpapan dan di SMKN 2 Sangatta, termasuk peralatan canggih. Para siswa dapat mempraktekkan materi pelayaran, menggunakan kapal dengan alat ini. Karena membuat para siswa seolah-olah sedang berada di dalam ruang kemudi kapal yang terkadang goyang akibat dihempas gelombang. Dimana harus mengendalikan jalannya kapal dalam segala kondisi. Baik kondisi bergelombang maupun cuaca hujan.

Kabid Pembinaan SMK Disdik Kaltim, Deslan Nispayani yang memberikan bantuan peralatan tersebut mengatakan, sebagai salah satu sekolah unggulan di Kaltim, SMKN 2 Sangatta, patut mendapatkan dukungan dan fasilitas memadai untuk menjamin lulusannya siap bekerja.

“Dengan peralatan yang diberikan, semoga ke depan, lulusan SMKN 2 Sangatta, siap pakai dan bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Karena sudah terbiasa kemudikan kapal, menggunakan simulator navigasi. Karena saat ini, kalau harus praktik di kapal, tentu agak sulit. Karena belum tentu kapalnya siap. Risikonya juga ada,” ujar Deslan.(*)

Comment here