SANGATTA – DR H Mahyudin ST MM putra asal Kabupaten Kutai Timur yang saat ini menjabat Wakil Ketua MPR RI, menyerahkan bantuan berupa 10 motor pengangkut sampah. Unit motor terbaru dengan sistem dumping tersebut merupakan program bersama antara Komisi VII DPR RI tempatnya bertugas di DPR RI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Ia berharap, meski jumlahnya terbatas, namun bisa membantu Pemerintah Kutim meningkatkan kebersihan di lingkungan pemukiman. Terutama di kawasan Desa Sangatta Utara, Kecamatan Teluk Lingga dan Desa Singa Gembara.

“Sebenarnya banyak. Tapi dibagi ke hampir seluruh provinsi di Indonesia. Di Kaltim, beberapa kabupaten/kota juga memperoleh motor pengangkut sampah. Semua dibagi rata, masing-masing 10 unit,” ungkap Mahyudin.

Program ini merupakan program berbagi, untuk mengelola sampah menjadi lebih baik. Dengan harapan, Kutim bisa mendapatkan Piala Adipura. “Sangatta menjadi simbol kota yang maju, modern dan bersih. Karena menjadi lalu lintas antar kota dan kabupaten. Orang mau ke Berau, pasti lewat Sangatta,” ujar Mahyudin.

Senada, Plt Kadis LH Kutim, Armin mengatakan dengan adanya bantuan motor telah memenuhi salah satu permintaan masyarakat yang hampir setiap hari ke kantor LH Kutim. Terkait dengan pengadaan motor angkutan sampah.

“Pesan saya pada penerima, anggaplah bantuan kali ini menjadi aset RT yang harus dirawat dan dijaga. Karena beberapa bantuan kita berupa armada seperti ini, hanya hitungan bulan, kemudian tidak bisa dioperasikan lagi. Ini barang bukan barang murah, jadi saya harap bisa dioperasi sesuai SOP yang ada. Terutama aturan dumping-nya,” ujar Armin.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!