Kutai Timur

Kasmidi Ajak Warga Kutim Terapkan Pola Hidup Sehat

SANGATTA – Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ditutup dengan kegiatan penggerakan masyarakat sebagai implementasi kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di kawasan folder Sangatta, Jalan Ilham Maulana, Minggu (18/11/2018) pagi.

Ratusan warga dari Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan tumpah ruah dalam kegiatan gelaran Dinas Kesehatan Kutim tersebut. Mereka mengikuti senam pagi bersama, kemudian kampanye makan buah dan terakhir, pembagian hadiah doorproze. Selain itu, Dinkes Kutim juga membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Seperti cek tekanan darah, kolesterol, asam urat dan lainnya.

Di sela membuka kegiatan, Wakil Bupati Kutim, H Kasmidi Bulang ST MM mengatakan program Germas sengaja digalakkan di Kutim agar seluruh masyarakat menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Karena, penyakit yang kerap mendominasi saat ini adalah penyakit tak menular yang berasal dari pola hidup tak sehat. Seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke serta diabetes.

“Mari kita melakukan pola hidup sehat, dengan olahraga minimal 30 menit setiap hari, dan memeriksakan kesehatan secara rutin, setiap enam bulan sekali,” ajak Kasmidi.

Senada, Kadiskes Kutim, dr Bahrani Hasanal mengatakan program germas, untuk kehidupan yang lebih baik. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kutim. Makanya, program tersebut akan menjangkau seluruh kecamatan di Kutim. Karena dengan sehat, tubuh menjadi bugar dan produktifitas pun meningkat.

“Jadi, lebih baik mencegah dengan melakukan pola hidup yang sehat, ketimbang harus mengobati,” kata Bahrani.(*)

Comment here