SANGATTA – Menandai dimulainya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur di Sangatta Kabupaten Kutai Timur, salah satunya adalah iring-iringan api abadi yang akan dipasang di Stadion Kudungga, saat opening ceremony, Minggu (2/11/2018) malam.

Jumat (30/11), api abadi yang berada di kawasan PT Pertamina Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan dibawa ke Sangatta, sejauh sekitar 13 Km. Usai upacara penyerahan api abadi dari Ketua Adat Desa Sangkima pada Bupati Kutai Timur, Ismunandar yang memimpin upacara pengambilan api abadi. Dari Bupati Ismunandar, api abadi diserahkan pada atlet berprestasi, yakni atlet panahan Kutai Timur, Samsudin.

Di tangan Samsudin, api abadi dibawa ke Sangatta, tepatnya ke Kantor Camat Sangatta Utara, untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Jabatan Bupati Kutim di kawasan Bukit Pelangi.
Ismunandar berharap, hadirnya api abadi di tengah penyelenggaran Porprov VI Kaltim, gelora semangat olahraga di Kutim juga berkobar. Seperti api abadi yang tak pernah padam. “Mari kita ramaikan gelora Porprov Kaltim di Kutim. Saling memotivasi agar olahraga di Kutim maupun Kaltim pada umumnya, terus berkembang dan bisa menciptakan atlet-atlet berprestasi di tingkat dunia,” kata Ismunandar.

Api obor yang menyala di arena Porprov VI Kaltim, berasal dari produksi Migas PT Pertamina Sangatta Field. Api melalui proses panjang dari produksi pengangkatan ke permukaan hingga pemisahan minyak dan gas yang memakan waktu hingga tiga tahun.

Kobaran api dari daratan “Tuah Bumi Untung Banua” ini dimaknai sebagai lambang semangat yang terus menyala untuk menjaga kebersamaan dan persahabatan. Serta diharapkan dapat menciptakan spirit dalam meraih prestasi olahraga pada ajang empat tahunan ini.(*/humas Kontingen Kutim)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!