Kutai Timur

KPU Kutim Gelar Penghapusan Bersama Data Ganda

Pengahpusan data ganda oleh KPU Kutai Timur

SANGATTA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Timur menggelar pertemuan untuk penghapusan bersama data ganda. Pertemuan digelar di ruang Media Center Kantor KPU Kutim, di kawasan Bukit Pelangi, Rabu (12/9/2018).

Pertemuan yang langsung dirangkaian dengan pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) pada Pemilihan Umum tahun 2019, diikuti perwakilan PPK dari 18 kecamatan se Kutim, Bawaslu dan perwakilan Partai Politik di Kutim.

Hingga pukul 17.00 wita sore tadi, proses pembersihan data ganda masih berlangsung. Ketua KPU Kutim, Fahmi Idris mengatakan proses penghapusan baru dilakukan pada delapan kecamatan. Masih menunggu sampai seluruh kecamatan rampung, baru bisa diketahui jumlah pemilih ganda yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum 2019 yang sudah disahkan 21 Agustus 2018 lalu.

“Sampai sore ini, masih delapan kecamatan. Hasilnya belum bisa diumumkan. Nanti menunggu selesai. Karena kita akan teruskan sampai semua kecamatan melaporkan. Setelah itu, langsung kita umumkan DPTHP yang baru setelah dilakukan pembersihan nama ganda,” ungkap Fahmi.

Penghapusan bersama data ganda beranjak dari temuan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang menyatakan banyak pemilih ganda pada daftar pemilih tetap (DPT) nasional Pemilu 2019, yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejumlah 1.013.067 pemilih.

Data tersebut merupakan hasil analisis Bawaslu terhadap DPT di 285 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan total 91.001.344 pemilih (Bawaslu RI, 2018).(*)

Comment here