Pembukaan Kung Kemul Kaltim – Kaltara di tandai dengan pemukulan gong oleh wabup Kasmidi Bulang

SANGATTA – Kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) Kung Kemul ke IV Provinsi Kalimantan Timur Kalimantan Utara digelar di Desa Long Bentuq Kecamatan Busang. Mubes dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang hadir bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Mugeni, Rabu (18/7/2018).

 

Mubes diikuti sekitar 500 peserta yang merupakan warga suku Dayak asal Kaltim maupun Kaltara. Mereka yang sudah hadir di antaranya, berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara,, Bulungan, Berau, Samarinda, Mahakam Ulu dan Bontang.
Tujuan pelaksanaan Mubes menurut Ketua Adat Besar Kung Kemul, Indra A. Bengeh, untuk melestarikan dan mempertahankan seni budaya dan kearifan lokal yang ada selama ini. Serta bahasa asli Warga Kung Kemul.

 

Wabup Kasmidi Bulang disambut dengan prosesi adat istiadat suku dayak

“Kung Kemul merupakan daerah asal mulanya suku Dayak. Kami ingin dengan terselenggaranya Mubes, bisa, mempersatukan kembali budaya yang selama ini mulai tergerus modernisasi,” kata Indra Bengeh.

Sementara itu, Wabup Kasmidi Bulang langsung menyampaikan rasa terima kasih atas undangan warga Kung Kemul untuk membuka mubes serta warga dari daerah lain yang hadir mengikuti kegiatan tersebut.
“Mereka bukan tamu tapi saudara yang sedang berkunjung ke rumah kita. Pertemuan diharapkan mampu menelurkan gagasan baru,bagaimana masyarakat mempunyai pendidikan yang layak, hidup yang layak serta bisa menghidupkan kebiasaan dan tradisi leluhur,” kata Kasmidi.

Wabup juga berharap kegiatan ini bisa menghasilkan keputusan dan kontribusi, pemikiran positif juga terbaik dalam membangun daerah masing-masing peserta, juga daerah Kutai Timur.
Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peresmian program bebas blank spot di Kecamatam Busang dan listrik 24 jam.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!